Penerapan model pembelajaran ARCS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Kotalama I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Kunardjiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran ARCS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Kotalama I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Kunardjiono

Kunardjiono (2013) Penerapan model pembelajaran ARCS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Kotalama I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Kunardjiono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kunardjiono. 2012. Penerapan model pembelajaran ARCS untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar mata pelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN Kotalama I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Jurusan KSDP FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Murtiningsih M. Pd (II) Dra. Sri Sugiharti M.Pd. Kata kunci Aktivitas belajar Hasil belajar Model ARCS IPS. Berdasarkan pengamatan ditemukan fakta bahwa proses pembelajaran IPS masih banyak didominasi guru dalam proses pembelajaran dibanding dengan keterlibatan siswa sehingga hasil belajar siswa belum optimal. Dari hal tersebut maka perlu ada suatu kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan motivasi kepada siswa agar siswa dapat terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran ARCS merupakan suatu model pembelajaran yang dirancang untuk mengelola kondisi motivasi siswa yaitu (Attention) relevan (Relevance) percaya diri (Confidence) dan kepuasan (Satisfaction) yang bertujuan mendorong dan mempertahankan motivasi tersebut untuk melakukan kegiatan belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran ARCS dalam pembelajaran IPS (2) Apakah ada peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran ARCS (3) Apakah ada peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran ARCS . Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Rancangan penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model kolaboratif. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi tes tulis catatan lapangan dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru lembar observasi aktivitas siswa soal tes lembar catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai aktivitas siswa pada siklus I 71 1 meningkat menjadi 83 6 pada siklus II. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I yaitu 66 menjadi 74 pada siklus II. Nilai rata-rata aktivitas guru dalam penerapan model pembelajaran ARCS pada siklus I yaitu 66 65 meningkat pada siklus II menjadi 83 35. Penerapan model pembelajaran ARCS yang diterapkan guru cukup efektif. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 16 7 atau sebesar 20%. Selain itu juga meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 12 5 atau sebesar 15% dan peningkatan nilai hasil belajar siswa sebesar 8 atau sebesar 11%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disarankan dalam menerapkan model ARCS ini hendaknya guru perlu menerapkan pembelajaran ini dalam kegiatan pembelajaran di kelas sehingga siswa tidak cepat merasa jenuh dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104833

Actions (login required)

View Item View Item