Pemanfaatan media permainan wayang kartun untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas II SDN Oro-oro Dowo Malang / Galuh Setyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media permainan wayang kartun untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas II SDN Oro-oro Dowo Malang / Galuh Setyowati

Setyowati, Galuh (2013) Pemanfaatan media permainan wayang kartun untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas II SDN Oro-oro Dowo Malang / Galuh Setyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setyowati Galuh. 2013. Pemanfaatan Media Permainan Wayang Kartun untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas II SDN Oro-Oro Dowo Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (2) Drs. A. Badawi S.Pd M.Pd. Kata Kunci Media Wayang Kartun Peningkatan Keterampilan Berbicara SD Hasil observasi menunjukkan bahwa keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas II SDN Oro-Oro Dowo masih rendah ditandai dengan siswa masih tampak malu kurang lancar dalam bercerita dan struktur kalimatnya belum runtut ada pula di antara siswa yang tidak mau berbicara siswa lama menjawab pertanyaan guru. Hal ini disebabkan oleh pemanfaatan media yang kurang maksimal. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa digunakan media menarik yaitu media wayang kartun. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media permainan wayang kartun dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas II SD Negeri Oro-Oro Dowo Kota Malang (2) peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan media permainan wayang kartun dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas II SD Negeri Oro-Oro Dowo Kota Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Tahap penelitian terdiri dari 2 siklus yang meliputi perencanaan pelaksanaan hasil tindakan dan refleksi. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas II SDN Oro-Oro Dowo Kota Malang yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kegiatan pembelajaran keterampilan berbicara melalui materi pokok cerita anak dengan memperhatikan aspek keberanian kelancaran pilihan kata kenyaringan suara penguasaan cerita dan gerak-gerik dapat terlaksana dengan baik. Dalam aktivitas bercerita siswa menggunakan 15 media permainan wayang kartun untuk menggambarkan tokoh dalam 6 cerita yaitu cerita Hidup Damai Kebun Gajah Kelinci yang Suka Berbohong Arin Malas Belajar Keluarga Serigala dan Membersihkan Rumah. Selain itu terdapat peningkatan keterampilan berbicara setelah tindakan pembelajaran dengan memanfaatkan wayang kartun dari siklus I dan II. Siswa pada siklus I siswa memperoleh nilai rata-rata keterampilan berbicara 72 sedangkan pada siklus II adalah 85. Kesimpulannya yaitu (1) Pemanfaatan media permainan wayang kartun pada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas II di SDN Oro-Oro Dowo Kota Malang dengan pokok materi cerita anak dapat dilaksanakan dengan baik (2) terjadi peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan media wayang kartun dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II di SDN Oro-Oro Dowo. Saran yang diberikan peneliti sebaiknya guru memperhitungkan waktu yang cukup dan memilih strategi serta metode yang dapat digunakan untuk membelajarakan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan media permainan wayang kartun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104832

Actions (login required)

View Item View Item