Komparasi model pembelajaran Think-Pair-Share-Share dengan konvensional-ekspositori terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Karangsoko Kabupaten Trenggalek / Wahyu Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Komparasi model pembelajaran Think-Pair-Share-Share dengan konvensional-ekspositori terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Karangsoko Kabupaten Trenggalek / Wahyu Widodo

Widodo, Wahyu (2013) Komparasi model pembelajaran Think-Pair-Share-Share dengan konvensional-ekspositori terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Karangsoko Kabupaten Trenggalek / Wahyu Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model pembelajaran Think-Pair-Square-Share Model Pembelajaran Konvensional-Ekspositori Hasil belajar IPS Berdasarkan hasil observasi di SDN 1 Karangsoko Trenggalek ditemukan bahwa pembelajaran yang dilakukan guru masih bersifat konvensional dengan menggunakan metode ceramah tanya jawab dan penugasan. Pada ulangan harian semester I di kelas VA terdapat 17 dari 20 siswa yang tidak lulus. Sedangkan di kelas VB terdapat 11 siswa dari 17 siswa yang tidak lulus. Dengan demikian dapat dikatakan model pembelajaran yang diterapkan guru pada mata pelajaran IPS kurang sesuai sehingga mnegakibatkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Karangsoko Trenggalek yang menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Square-Share (2) mendeskripsikan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Karangsoko Trenggalek yang menggunakan model pembelajaran konvensional-ekspositori (3) menjelaskan ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Square-Share dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional-ekspositori. Rancangan penelitian yang digunakan adalah adalah Quasy Experimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Karangsoko Trenggalek 2012/2013 yang berjumlah 37 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu 20 siswa kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan 17 siswa kelas VB sebagai kelompok kontrol. Instumen penelitian yang digunakan adalah RPP dan soal tes. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows dan Microsoft Excel. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 3 kesimpulan yang terkait dengan rumusan masalah peneliti. Pertama hasil belajar siswa kelas VA (kelompok eksperimen) mengalami peningkatan dengan rata-rata gain score sebesar 25. Rata-rata nilai pre test sebesar 44 15 dan rata-rata nilai post test sebesar 66 17. Kedua hasil belajar siswa kelas VB (kelompok kontrol) mengalami peningkatan dengan rata-rata gain score sebesar 17 39. Rata-rata nilai pre test sebesar 37 61 dan rata-rata nilai post test sebesar 55. Ketiga ada pengaruh yang positif dari penerapan model pembelajaran Think-Pair-Square-Share terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN 1 Karangsoko Trenggalek. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh hasil thitung adalah 3 294 dan ttabel adalah 2 030 sedangkan signifikansi p (0 02). Hasil ini menunjukkan bahwa thitung ttabel (3 294 lebih besar dari 2 030) dan p 0 05 (0 02 lebih kecil dari 0 05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar (1) guru dapat menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Square-Share sebagai salah satu alternatif dalam menentukan model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (2) peneliti lain dapat melanjutkan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Square-Share pada berbagai jenjang kelas baik pada mata pelajaran IPS maupun yang lainnya dengan memberikan inovasi pada bagian sintaks-sintaksnya sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104830

Actions (login required)

View Item View Item