Using information gap technique to increase the English speaking participation of the seventh graders of SMPN 12 Malang / Nur Fitriana Retno Putri

Putri, Nur Fitriana Retno (2019) Using information gap technique to increase the English speaking participation of the seventh graders of SMPN 12 Malang / Nur Fitriana Retno Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Putri, N.F.R. 2019. Using Information Gap Technique to Increase the English Speaking Paprticipation of the Seventh Graders of SMPN 12 Malang. Skrips Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. pembimbing: (I) Dra. Sri Andreani, M.Ed. (II) Dr. Suharyadi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Information gap, speaking, studentsÔÇÖ active participation. Bahasa Inggris yang berperan sebagai bahasa internasional digunakan sebagai alat komunikasi di seluruh dunia. Bahasa Inggris mempunyai empat aspek bahasa dan salah satunya adalah berbicara atau speaking. Tetapi mengajarkan speaking kepada para siswa bukanlah hal yang mudah. Mengajarkan speaking dianggap yang tersulit diantara aspek lainnya karena itu terjadi saat itu juga. Banyak masalah yang terjadi saat mengajarkan speaking. Salah satunya adalah kurangnya partisipasi siswa dalam speaking. Kondisi tersebut terjadi di kelas VII F SMPN 12 Malang. Kelas itu pegitu pasif saat menyangkut speaking. Hanya ada beberapa murid yang berani berbicara di kelas. Kondisi itu terjadi karena beberapa alas an. Alasan pertama adalah para siswa takut untuk membuat kesalahan di hadapan teman mereka. Mereka tidak mau merasa malu karena melakukan kesalahan. Alasan lainnya adalah kurangnya kesempatan untuk berbicara. Guru masih menggunakan metode tradisional untuk mengajar dimana fokus kelas adalah di guru. Dengan adanya masalah ini, guru harus membuat aktifitas speaking yang membuat siswa fokus kepada belajar pembelajaran. Salah satu aktifitas speaking yang seperti itu adalah Information Gap. Dalam melakukan teknik Information Gap, para siswa harus menggunakan bahasa Inggris dan berbicara untuk bisa menyebarkan informasi. Teknik Information Gap tidak bisa berjalan tanpa partisipasi dari tiap murid. Penelitian ini bertujuan untuk menambah partisipasi siswa dalam speaking dengan menggunakan Information Gap. Penelitian ini dilakukan berdasarkan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini juga menggunakan berbagai macam kegiatan Information Gap dalam dua siklus dan menganalisa pertisipasi individual siswa dan partisipasi kelas. Dalam penelitian ini, data didapat dari beberapa instrumen penelitian yaitu observation checklist untuk partisipasi keaktifan seluruh kelas, tabel partisipasi individual siswa, catatan lapangan dan kuesioner. Penelitian ini bisa dibilang berhasil jika partisipasi individual siswa mencapai 60%. Kriteria kesuksesan yang kedua adalah jika 80% siswa emmberikan respon yang positif terhadap teknik Information Gap. Hasil dari penelitian menunjukkan partisipasi siswa meningkat. Di siklus pertama, partisipasi individual siswa menunjukkan angka 62,5%. Diakhir siklus vii kedua, partisipasi individual siswa meningkat menjadi 75%. Siswa juga menunjukkan respon yang positif kepada penggunaan Information Gap. Sebanyak 80,66% siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan teknik Information Gap. Diakhir penelitian siswa merasa tidak khawatir dan lebih termotivasi untuk berpartisipasi dalam speaking dan juga mereka meras antusias dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah information gap bisa meningkatkan partisipasi berbicara siswa di kelas. Tidak hanya secara individual tetapi juga dalam satu kelas. Menurut para siswa, proses belajar mengajar di kelas menjadi lebih menarik karena mereka mengerjakan aktifitas information gap yang berbeda di setiap pertemuan dan itu terasa seperti bermain game daripada mengerjakan tugas sekolah. Menggunakan teknik information gap bisa menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan partisipasi siswa. Untuk peniliti lain, diharapkan bisa menggunakan aktifitas information gap yang lebih bermacam macam di masa depan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10483

Actions (login required)

View Item View Item