Azhari, Muhammad (2013) Penerapan model pembelajaran Role Playing untuk meningkatkan keterampilan bermain drama pada siswa kelas V SDN Penanggungan Kota Malang / Muhammad Azhari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Model role playing bermain drama SD. Berdasarkan hasil observasi permasalahan yang dialami siswa SDN Penanggungan kota Malang yaitu kurangnya strategi model pembelajaran yang diterapkan guru dalam pembelajaran bermain drama. Salah satu cara untuk meningkatkan pembelajaran keterampilan bermain drama dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran role playing. Penelitian ini betujuan untuk (1) mendeskripsikan aktivitas pembelajaran bermain drama melalui model pembelajaran role playing (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan bermain drama melalui model role playing dan (3) mendeskripsikan besarnya peningkatan keterampilan bermain drama dengan penerapan model pembelajaran role playing pada siswa kelas V SDN Penanggungan kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (PTK) ini berlangsung dengan dua siklus. Masing- masing siklus terdiri atas perencanaan pelaksanaan dan observasi refleksi serta perbaikan perencanaan di setiap siklusnya. Hasil belajar keterampilan bermain drama melalui model role playing siswa kelas V SDN Penanggungan Malang sudah baik. Ini terlihat saat aktivitas pembelajaran bermain drama melalui model role playing siswa sangat semangat dan antusias dalam bermain drama sehingga siswa tidak mengalami kesulitan dalam memerankan tokoh drama. Semangat dan antusias siswa dalam bermain drama sangat berpengaruh terhadap peningkatan nilai bermain drama pada nilai hasil proses siklus I dari 6 siswa yang tuntas meningkat menjadi 14 siswa yang tuntas dan pada nilai hasil proses siklus II dari 22 siswa yang tuntas meningkat menjadi 30 siswa yang tuntas. Sehingga dapat diperoleh nilai akhir dengan perentase kegiatan siklus I sebesar 34 3% dan siklus II 82 8%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model role playing dapat meningkatkan keterampilan bermain drama sudah berhasil. Berdasarkan hasil penelitian manfaat penerapan model role playing untuk meningkatkan keterampilan bermain drama adalah membantu siswa aktif dalam belajar dan dapat memerankan tokoh orang lain dengan baik. Sehingga dapat disarankan kepada guru untuk meningkatkan keterampilan siswa bermain drama seharusnya menggunakan model pembelajaran role playing.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104829 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |