Korelasi habituasi berbahasa Indonesia di lingkungan keluarga dengan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Mulyorejo 03 Kota Malang / Masrifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Korelasi habituasi berbahasa Indonesia di lingkungan keluarga dengan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Mulyorejo 03 Kota Malang / Masrifah

Masrifah (2013) Korelasi habituasi berbahasa Indonesia di lingkungan keluarga dengan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Mulyorejo 03 Kota Malang / Masrifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci habituasi keterampilan berbicara Salah satu aspek penting yang harus dikuasai oleh siswa adalah berbicara sebab keterampilan berbicara akan menunjang keterampilan lainnya. Keterampilan berbicara bukanlah suatu jenis keterampilan yang dapat diwariskan secara turun temurun walau pada dasarnya secara alamiah manusia dapat berbicara. Kemampuan berbahasa Indonesia siswa semata-mata tidak hanya diperoleh dari belajar di dalam kelas saja tetapi terdapat beberapa faktor yang terlibat dan menunjang. Faktor yang tampak dan langsung terlihat adalah faktor orang tua guru lingkungan dan motivasi. Oleh karena itu diperlukan adanya penelitian lebih lanjut mengenai korelasi habituasi berbahasa Indonesia siswa di lingkungan keluarga dengan keterampilan berbicara siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan habituasi berbahasa Indonesia siswa di lingkungan keluarga mendeskripsikan keterampilan berbicara siswa serta menemukan korelasi habituasi berbahasa Indonesia di lingkungan keluarga dengan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Mulyorejo Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan berbicara dan pemberian angket yang didukung dengan teknik wawancara. Adapun analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis korelasi product moment untuk menemukan korelasi antara kedua variabel. Hasil pengujian yang dilakukan peneliti menunjukkan terdapat korelasi yang signifikan antara variabel habituasi berbahasa Indonesia di lingkungan keluarga dengan variabel keterampilan berbicara siswa. Data yang diperoleh dari teknik analisis korelasi product moment menunjukkan bahwa probabilitas (sig.2-tailed) 0 001 0 05 sehingga maka Ha diterima dan Ho ditolak dan r hitung 0 483 r tabel 0 297 menggunakan taraf signifikansi sebesar 5% jadi Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari seluruh pengujian hipotesis menunjukkan bahwa habituasi berbahasa Indonesia di lingkungan keluarga memiliki korelasi yang signifikan dengan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Mulyorejo 03 Kota Malang. Guru dan orang tua siswa hendaknya memberikan stimulus dan reinforcement pada anak ketika menggunakan bahasa Indonesia di sekolah maupun di lingkungan keluarga. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti dengan pokok bahasan yang sama lebih baik mengambil subjek penelitian di daerah yang lebih mendekati pusat perkotaan sehingga akan didapatkan data tingkat habituasi yang lebih beragam dibanding daerah pinggiran kota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104828

Actions (login required)

View Item View Item