Penerapan model pembelajaran make-a-match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Bandaran II Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan / Lutvia Chusni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran make-a-match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Bandaran II Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan / Lutvia Chusni

Chusni, Lutvia (2013) Penerapan model pembelajaran make-a-match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Bandaran II Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan / Lutvia Chusni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Make A-Match aktivitas hasil belajar IPS Berdasarkan hasil observasi awal terhadap pembelajaran IPS kelas V SDN Bandaran II Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2012/2013 semester I terdapat permasalahan siswa pasif hanya menerima penjelasan mencatat materi menghafal siswa tidak diberi kesempatan untuk membangun konsep dengan tanya-jawab antar siswa yang berkaitan dengan materi IPS. Guru cenderung menggunakan metode ceramah dan mencatat. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar pratindakan yaitu 57 37. Ketuntasan kelasnya hanya 37 5% (6 siswa) yang mencapai KKM (65) yang ditetapkan guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menerapkan model make a-match yangmerupakan model pembelajaran dimana siswa dituntut untuk bekerjasama menemukan pasangan soal/jawaban dari kartu yang dipegangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) penerapan model pembelajaran Make A-Match 2) penerapan model pembelajaran Make A-Match terhadap peningkatan aktivitas siswa 3) penerapan model pembelajaran Make A-Match terhadap peningkatan hasil belajar IPS. Rancangan penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian menggunakan langkah-langkah (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi untuk selanjutnya dilakukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya dengan tujuan mencapai ketuntasan kelas minimal 80%. Subyek penelitian adalah kelas V sebanyak 16 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi tes tulis wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut aktivitas belajar siswa pada siklus I skor rata-ratanya 73 52 dan pada siklus II skor rata-ratanya 81 1. Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-ratanya 73 91 dengan ketuntasan belajar kelas sebesar 75% (12 siswa) dan siklus II nilai rata-rata hasil belajarnya 75 94 dengan ketuntasan belajar kelas sebesar 87 5% (14 siswa). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran make a-match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sehingga disarankan kepala sekolah untuk memotivasi guru menerapkan model pembelajaran make a-match. Disarankan agar model pembelajaran make a-match dapat menjadi alternatif bagi guru dalam pembelajaran khususnya IPS materi macam-macam usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan menjadi acuan penelitian dengan hasil yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104827

Actions (login required)

View Item View Item