Mustikasari, Deny (2013) Pengembangan alat evaluasi pembelajaran matematika jarak dan kecepatan kelas V SD / Deny Mustikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pengembangan alat evaluasi jarak kecepatan kelas V SD Kegiatan evaluasi merupakan hal yang sistematis dan objektif untuk memperoleh data-data tentang kemampuan siswa dalam pembelajaran. Evaluasi memiliki kepentingan mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran dan memperbaiki pelaksanaan proses belajar mengajar. Evaluasi yang baik harus sesuai dengan kriteria evaluasi pembelajaran yaitu validitas reliabilitas tingkat kesukaran dan daya pembeda. Pengembangan alat evaluasi ini bertujuan untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan melalui tahapan pengembangan alat evaluasi. Penelitian pengembangan dikhususkan pada alat evaluasi materi jarak dan kecepatan di kelas V SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D yang disarankan oleh Thiagarajan Sammel dan merupakan akronim dari Define Design Develop Disseminate. Jenis data dalam pengembangan ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam pengembangan ini berupa teknik tes dan non-tes. Tes berupa analisis butir soal sedangkan non-tes berupa observasi wawancara dan angket. Data yang diperoleh dari observasi dan wawancara dianalisis dan disimpulkan berdasarakan aspek-aspek yang terdapat pada lembar observasi dan wawancara. Data yang telah diperoleh dari skor angket dianalisis dengan menggunakan teknik dan persentase dan data analisis soal menggunakan teknik data klasik. Berdasarkan analisa data diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa alat evaluasi dikatakan valid. Hal ini terlihat dari hasil validasi oleh validator 1 dan 2 yang secara keseluruhan memiliki persentase rata-rata 89 5% artinya alat evaluasi yang disusun sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran matematika kelas V SD semester 1. Kedua hasil uji coba pada 40 siswa SDN Gugus II Sukun Malang yang telah dianalisa menunjukkan tiap jenis soal dinyatakan valid karena rxy rtabel. Setiap jenis soal juga dinyatakan reliabel karena besarnya koefisien reliabilitas 0 60. Soal yang disusun tersebar pada tingkat kesukaran sukar sedang dan mudah. Daya pembeda soal menunjukkan tiap jenis soal memiliki daya pembeda dengan kriteria baik sekali baik dan cukup baik. Ketiga hasil uji coba pada 40 siswa kelas V SDN Gugus II Sukun Malang menunjukkan bawa alat evaluasi jarak dan kecepatan memenuhi kriteria ideal penyusunan evaluasi yaitu validitas reliabilitas tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Tiga simpulan tersebut memperkuat bahwa alat evaluasi pembelajaran matematika jarak dan kecepatan yang dibuat telah layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104826 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |