Peningkatan kualitas pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui pemanfaatan kertas berarsir siswa kelas IV SDN Sawojajar 6 Malang / Pradnya Paramita Adi Widiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kualitas pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui pemanfaatan kertas berarsir siswa kelas IV SDN Sawojajar 6 Malang / Pradnya Paramita Adi Widiyanti

Widiyanti, Pradnya Paramita Adi (2013) Peningkatan kualitas pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui pemanfaatan kertas berarsir siswa kelas IV SDN Sawojajar 6 Malang / Pradnya Paramita Adi Widiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pecahan Media KertasBerarsir Matematika SD. Kualitas proses pembelajaranmerupakankuncikeberhasilantercapainyatujuanpendidikan. Namun metodekonvensionalmasihseringdigunakan guru dalampembelajaranMatematika.KonsepMatematika yang bersifatabstraksemakinmembosankankarenatidakadanyamedia yang menarikbagisiswa.Hal inimenyebabkankurangnyaminatdanmotivasisiswaterhadappembelajaranMatematikasehinggasiswacenderungpasifselamapembelajaran. Penelitianinibertujuanuntuk (1) Mendeskripsikanpenggunaan media kertasberarsirdalammatematikamaterioperasihitungpenjumlahandanpenguranganpecahanpadasiswakelas IV SDN Sawojajar 6 Malang (2) Mendeskripsikanpenggunaan media kertasberarsirdalamupayauntukmeningkatkanaktivitasbelajardalampembelajaranoperasihitungpenjumlahandanpenguranganpecahanpadasiswakelas IV SDN Sawojajar 6 Malang (3)Mendeskripsikanpenggunaan media kertasberarsirdalamupayauntukmeningkatkanhasilbelajardalampembelajaranoperasihitungpenjumlahandanpenguranganpecahanpadasiswakelas IV SDN Sawojajar 6 Malang. Penelitianiniterdiridarisiklusbesar yang sudahditentukanberdasarkanmateri (penjumlahandanpenguranganpecahan).Kemudiandarimeteritersebutakandipisahsesuaidengan sub siklusnya.Setiapsub siklusterdiridaritahapperencanaan pelaksanaantindakandanobservasi sertarefleksi. Subyekpenelitianiniadalahsiswakelas IVB SDN Sawojajar 6 Malang.Instrumen yang digunakanyaitu 1) pedomanobservasi 2) pedomanwawancara 3) dokumentasi dan 4) tes. Berdasarkanhasilpengamatan yang telahdilakukanmenunjukkanbahwapenerapan media kertasberarsirdapatberjalansesuaidenganlangkah yang telahditentukan.Hasilpenelitian yang diperolehadalahpadasiklusI pertemuan 1 kepertemuan 2 terdapatpeningkatandalamaktivitasbelajarsebesar 8 8% siswayang mendapatkan kriteria A. Dan pada siklus II pertemuan 1 kepertemuan 2 terdapatpeningkatandalamaktivitasbelajarsebesar 14 7% siswayang mendapatkan kriteria A. Berdasarkanuraian di atasdapatdisimpulkanbahwapenerapan media kertasberarsirdapatmeningkatkankualitaspembelajaranMatematikasiswakelas IVB SDN Sawojajar 6 Malang.Dengandemikiandiharapkan guru dansekolahlebihinovatifdalammenggunakan media agar pembelajaranlebihmenarikdanbermaknabagisiswa.Bagipenelitilaindiharapkandapatmengembangkan media inidengandesaindanmetode yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104825

Actions (login required)

View Item View Item