Penggunaan media book wheel untuk meningkatkan keterampilan menulis ringkasan isi bacaan mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Bareng 4 Kota Malang / Dyah Vija Rukminingrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media book wheel untuk meningkatkan keterampilan menulis ringkasan isi bacaan mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Bareng 4 Kota Malang / Dyah Vija Rukminingrum

Rukminingrum, Dyah Vija (2013) Penggunaan media book wheel untuk meningkatkan keterampilan menulis ringkasan isi bacaan mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Bareng 4 Kota Malang / Dyah Vija Rukminingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Book Wheel Menulis Ringkasan Bahasa Indonesia SD Berdasarkan hasil observasi awal di SDN Bareng 4 kota Malang didapat beberapa permasalahan pembelajaran Bahasa Indonesia dalam keterampilan menulis yaitu 1) kemampuan siswa menulis ringkasan masih rendah siswa yang memenuhi SKM 70 berjumlah 12 siswa dari total 32 siswa 2) guru hanya memberikan bacaan kepada siswa kemudian menugaskan siswa meringkas isi bacaan yang telah dibaca 3) situasi kegiatan pembelajaran kurang menyenangkan 4) tidak adanya media pembelajaran yang mendorong siswa menulis membuat siswa mengalami kesulitan menuangkan gagasan yang dimilikinya 5) pembelajaran berpusat pada guru. Salah satu alternatif pemecahan yang dapat diambil yaitu menggunakan media book wheel untuk meningkatkan keterampilan menulis ringkasan isi bacaan. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan penerapan penggunaan media book wheel untuk meningkatkan keterampilan menulis isi bacaan mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Bareng 4 Kota Malang dan (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis ringkasan isi bacaan mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Bareng 4 Kota Malang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitiannnya siswa kelas IV SDN Bareng 4 Malang sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pelaksanaan pembelajaran menulis ringkasan isi bacaan menggunakan media book wheel memperhatikan aspek pembatasan panjang ringkasan kesesuaian ringkasan ketepatan ringkasan tata bahasa dan penulisan ejaan dan tanda baca. Dalam menulis ringkasan siswa menggunakan bacaan cerita anak yang berjudul Timun Emas dan Mahapatih Gajah Mada Pemersatu Nusantara. Hasil keterampilan menulis ringkasan siswa mengalami peningkatan mulai dari nilai rata-rata pada pratindakan 57 21 siklus I 59 51 dan siklus II 75 71. Ketuntasan belajar pada pratindakan sebesar 37 5% siklus I 55 17% dan siklus II 81 25%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media book wheel dapat meningkatkan keterampilan menulis ringkasan isi bacaan siswa kelas V SDN Bareng 4 Kota Malang. Disarankan bagi guru untuk menggunakan media book wheel dalam pembelajaran sebagai salah satu alternatif penggunaan media di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104821

Actions (login required)

View Item View Item