Implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan di SDN Percobaan 1 Malang / Dyah Khomsa Nur Adha - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan di SDN Percobaan 1 Malang / Dyah Khomsa Nur Adha

Adha, Dyah Khomsa Nur (2013) Implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan di SDN Percobaan 1 Malang / Dyah Khomsa Nur Adha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adha Dyah Khomsa Nur.2013. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan di SDN Percobaan 1 Malang . Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sa dun Akbar M. Pd (2) Drs. Sutarno M.Pd. Kata Kunci pendidikan karakter pembiasaan SDN Percobaan 1 Malang 12288 12288 12288 12288 Salah satu krisis multidimensi yang terjadi di negeri ini adalah krisis karakter yang ditandai dengan maraknya tawuran antar pelajar bentrokan antar suku kericuhan antar kelompok masyarakat korupsi kecurangan birokrasi jual beli hukum dan berbagai tindakan tercela yang sering menjadi headline di media massa saat ini. Untuk menangani hal ini diperlukan usaha preventif sejak dini khususnya di sekolah dasar salah satunya melalui pembiasaan kegiatan yang ada di sekolah dalam bentuk kegiatan rutin spontan dan terprogram. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan yang diwujudkan melalui kegiatan rutin kegiatan spontan dan kegiatan terprogram dengan memfokuskan pada karakter yang tampak dari kegiatan pembiasaan yang dilakukan serta kendala yang yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan di SDN Percobaan 1 Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus di SDN Percobaan 1 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga metode yakni observasi dokumentasi serta wawancara. Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan metode triangulasi data. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam mengembangkan karakter siswa meliputi datang sekolah tepat waktu jabat tangan dengan guru berdo a membaca asmaul husna menyanyi lagu nasional menyebutkan visi misi sekolah piket kelas dan moving class. Selain kegiatan rutin ada pula kegiatan spontan yang bertujuan untuk memberi penguatan pada karakter yang siswa dalam bentuk antri di berbagai tempat memilah dan membuang sampah sesuai jenis dan tempatnya berbagi dengan sesama mengumumkan barang temuan meminta maaf jika berbuat salah serta mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Adapun kegiatan yang terprogram di SDN Percobaan 1 Malang meliputi upacara setiap hari senin PHBN dan PHBA kegiatan Jum at bersih infaq setiap hari Jum at pondok ramadhan sholat dhuha ekstra mengaji untuk kelas 1-3 setiap hari Jum at pengadaan kantin kejujuran pengadaan stan barang temuan outing atau outbond base camp untuk kelas 6 serta pengadaan pokja yang melibatkan siswa sebagai anggotanya. 12288 12288 12288 12288 Dari pembiasaan tersebut beberapa karakter yang mulai tampak pada siswa antara lain religius sopan dan ramah jujur disiplin kerja keras peduli sosial peduli lingkungan serta tanggung jawab. Terbentuknya karakter siswa juga didukung oleh pemantauan orang tua selama di rumah pengkondisian lingkungan dan sarana prasarana sekolah serta teladan dari guru. Sedangkan kendala yang dihadapi sekolah dalam mengembangkan karakter melalui pembiasaan adalah kurangnya pemantauan guru pada setiap karakter yang dimunculkan siswa sehingga tidak bisa langsung memberikan tindak lanjut. 12288 12288 12288 12288 Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian antara lain (1) Terdapat beberapa kegiatan yang dapat dijadikan rujukan untuk sekolah-sekolah lain yang belum melaksanakannya seperti kegiatan menyebutkan visi misi sekolah setiap pagi yang dapat memudahkan sekolah mewujudkan visi misinya terutama yang berkaitan dengan pengembangan karakter pengadaan magic box yang berisi reward pada setiap kelas yang dapat memotivasi siswa untuk bekerja keras agar menjadi yang terbaik di kelasnya (2) Kegiatan base camp sebaiknya juga diprogramkan untuk semua kelas dengan jadwal tertentu (3) Untuk karakter yang belum muncul pada siswa hendaknya sekolah membuat program yang dapat menumbuhkan karakter tersebut seperti misalnya pada karakter gemar membaca sekolah dapat membuat program wajib baca atau wajib kunjungan ke perpustakaan (4) Untuk mengatasi kurangnya pemantauan guru terhadap setiap karakter yang dimunculkan sekolah dapat melibatkan siswa untuk membantu memantau karakter sesama teman melalui satgas karakter yang bertugas melaporkan karakter yang ditunjukkan temannya. Hal ini sekaligus dapat mengembangkan karakter tanggung jawab dan jujur . 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104818

Actions (login required)

View Item View Item