Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di kelas rendah SDN Selopuro 05 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar / Gondo Marsudi Setyoaji - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di kelas rendah SDN Selopuro 05 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar / Gondo Marsudi Setyoaji

Setyoaji, Gondo Marsudi (2013) Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di kelas rendah SDN Selopuro 05 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar / Gondo Marsudi Setyoaji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pendidikan Karakter Kelas Rendah Karakter Siswa. Kabupaten Blitar membutuhkan generasi muda yang mampu bersaing dan memiliki karakter baik. Siswa SD yang memiliki karakter baik dapat menjadi cikal bakal mewujudkan harapan kabupaten Blitar tersebut. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas rendah (kelas 1 sampai dengan kelas 3) SDN Selopuro 05 peneliti menemukan perilaku siswa menujukkan karakter baik. Berdasarkan latar belakang di atas peneliti memfokuskan penelitian pada 1. Deskripsi pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran di kelas rendah SDN Selopuro 05 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar 2. Deskripsi karakter siswa kelas rendah yang tampak di SDN Selopuro 05 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di SDN Selopuro 05 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar. Sumber data penelitian ini adalah manusia peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Prosedur analisis data terdiri dari reduksi data kategorisasi sintesisasi. Temuan penelitian menunjukkan pendidikan karakter yang dilaksanakan guru kelas rendah pada proses pembelajaran meliputi kegitan rutin persiapan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran. Kegiatan rutin dilaksanakan guru dengan baik. Persiapan pembelajaran dilakukan guru kelas rendah meliputi pembuatan RPP dan desain kelas. RPP guru kelas rendah sudah dapat dikategorikan RPP berkarakter tetapi membutuhkan penyempurnaan agar sesuai dengan format RPP karakter. Pajangan memotivasi siswa melaksanakan tanya jawab. Proses penataan bangku dilakukan dengan mengaktifkan siswa tetapi tatanan bangku belum menunjang pendidikan karakter. Sumber belajar guru bervariasi efektif dan mengacu pada lingkungan sekitar siswa. Kegiatan pembelajaran guru meliputi penerapan metode dan model pembelajaran. metode dan model pembelajaran guru sudah menunjukkan adanya pendidikan karakter. Berdasarkan penelitian di atas saran yang diajukan sebagai berikut 1. Guru kelas rendah SDN Selopuro 05 perlu membuat RPP yang lebih baik lagi dan lebih mengacu pada pendidikan karakter 2. Guru kelas rendah SDN Selopuro 05 lebih memperhatikan tata bangku siswa yang lebih evektif guna meningkatkan karakter bekerjasama siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104817

Actions (login required)

View Item View Item