Penerapan model investigasi kelompok untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Wonokoyo 2 Malang / Irfan Efendi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model investigasi kelompok untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Wonokoyo 2 Malang / Irfan Efendi

Efendi, Irfan (2013) Penerapan model investigasi kelompok untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Wonokoyo 2 Malang / Irfan Efendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model investigasi kelompok Aktivitas hasil belajar. Suatu upaya yang dapat dilakukan oleh guru guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial yaitu dengan menerapkan model investigasi kelompok. Melalui kegiatan pembelajaran investigasi kelompok siswa dituntut untuk mengivestigasi/menemukan sendiri data fakta dan informasi dari berbagai sumber hal ini bertujuan agar dapat memberikan pengalaman kepada siswa. Berdasarkan hasil observasi dan identifikasi masalah melalui pemberian soal pada siswa kelas V yang dilakukan di SDN Wonokoyo 2 Malang masih banyak siswa yang salah dalam menjawab soal tentang materi Kenampakan Alam di Indonesia. Hal ini disebabkan karena pemahaman siswa tentang konsep dan jenis kenampakan yang rendah dan penggunaan media pembelajaran yang kurang optimal. Sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang masih kurang dari kriteria ketuntasan minimal individu 65 dan nilai ketuntasan klasikal 80%. Sementara siswa tuntas 4 (33%) siswa dari jumlah 12 siswa dan 8 (67%) siswa belum tuntas dari jumlah 12 siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses pembelajaran IPS menggunakan model model investigasi kelompok mendeskripsikan peningkatan aktivitas siwa serta mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Wonokoyo 2 Malang dengan penerapan pembelajaran model investigasi kelompok. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) model Kemmis Taggart. Tindakan tersebut diberikan oleh guru ataupun dilakukan oleh peserta didik dengan arahan dari guru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Wonokoyo 2 Malang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan baik dari segi aktifitas maupun hasil. Pada siklus I hasil tes individu didapatkan hasil belajar siswa tentang kenampakan alam sudah baik pada siklus I siswa cukup antusias dalam kelompok investigasi dalam pembelajaran dengan menggunakan model investigasi walaupun masih ada beberapa siswa yang kurang aktif. Sedangkan hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mempelajari tentang kenampakan alam di Indonesia mengalami peningkatan. Pada siklus II kegiatan pembelajaran juga makin menyenangkan siswa lebih antusias dengan adanya model investigasi kelompok. Kesimpulan bahwa dengan menerapkan model investigasi kelompok pada pembelajarn IPS maeteri kenampakan alam Indonsia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas V SDN Wonokoyo 2 Kota Malang. Disarankan kepada setiap guru hendaknya menerapakan model-model pembelajaran yang baik mata pelajarn IPS mapun mata pelajaran yang lainnya Sehingga pada akhirnya akan menambah referensi bagi guru dalam memfasilitasi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104816

Actions (login required)

View Item View Item