Nurdiana, Ida (2013) Penerapan model pembelajaran Picture and Picture untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas 3 di SDN Tumpang 02 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Ida Nurdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci IPS model pembelajaran picture and picture aktivitas belajar hasil belajar. Mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan kemampuan siswa agar menjadi anggota masyarakat yang memiliki pengetahuan pemahaman dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat yang dinamis. Pada observasi awal diketahui bahwa pembelejaran IPS masih berpusat pada guru. Hal tersebut terlihat ketika pada pembelajaran siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru maka dari itu diperlukan perbaikan dalam pembelajaran IPS. Perbaikan tersebut dapat berupa penggunaan model-model pembelajaran yang inovatif seperti model Picture and Picture. Model pembelajaran Picture and Picture adalah suatu model belajar yang menggunakan gambar dan dipasangkan/diurutkan menjadi urutan logis. Dengan penggunaan model pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 3 pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian secara rinci adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Picture and Picture dalam kompetensi dasar mengenal jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas 3 SDN Tumpang 02 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang (2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dalam kompetensi dasar mengenal jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas 3 SDN Tumpang 02 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dalam kompetensi dasar mengenal jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas 3 SDN Tumpang 02 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas atau PTK. Model penelitian tindakan di kemukakan oleh Suharsimi Arikunto (2012 16) yang mempunyai tahapan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Rangkaian aktivitas dari planing acting observing dan reflecting itulah yang disebut satu siklus.Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Peningkatan penerapan model pembelajaran Picture and Picture pada siklus I memperoleh keberhasilan tindakan sebesar 88%. Sedangkan pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu mencapai keberhasilan tindakan sebesar 100%. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sudah cukup baik dengan prosentase sebesar 75%. Pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas sebesar 7% yaitu menjadi 82%. Sedangkan peningkatan aktivitas belajar pada siklus I terdapat 30 (79%) siswa tuntas belajar. Terdapat peningkatan pada siklus II dibandingkan dengan siklus I. Pada siklus I terdapat 30 (79%)siswa yang tuntas belajar tetapi pada siklus II terdapat 35 (92%)siswa tuntas belajar. Dari data yang dari siklus I dan data yang di peroleh dari siklus II mengenai ketuntasan belajar terlihat peningkatan sebesar 13%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104812 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |