Sari, Rully Ambar (2013) Peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui tahap prabaca, saat baca, dan pasca baca pada siswa kelas 5 SDN Kepanjen Lor I Kota Blitar / Rully Ambar Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci membaca pemahaman tahap prabaca saat baca pasca baca siswa sekolah dasar. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 5 diperoleh hasil bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa kurang memuaskan. Dari 31 siswa hanya 7 siswa yang nilainya mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau 8805 75 sedangkan 24 siswa lainnya belum mencapai KKM atau 8804 74. Hal ini disebabkan (1) guru belum mengajak siswa memprediksi kelanjutan cerita (2) guru mengambil cerita seadanya saja dan (3) guru tidak menggunakan kriteria penilaian khusus untuk membaca. Guru jarang melaksanakan penilaian. Agar dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa perlu diadakan perbaikan pembelajaran melalui tahap prabaca saat baca dan pasca baca. Cerita pendek dipilih sebagai bahan bacaan dalam tahap prabaca saat baca dan pasca baca karena berbentuk prosa fiktif yang masalahnya singkat jelas padat dan terkonsentrasi pada satu peristiwa. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain (1) Bagaimanakah pelaksanaan tahap prabaca saat baca dan pasca baca dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas 5 SDN Kepanjenlor I Kota Blitar dan (2) Apakah pelaksanaan tahap prabaca saat baca dan pasca baca dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas 5 SDN Kepanjenlor I Kota Blitar Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitiannya siswa kelas 5 SDN Kepanjenlor I Kota Blitar. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar) guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer proses pembelajaran membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kegiatan tahap prabaca diantaranya pengenalan tokoh-tokoh cerita dan memprediksi isi cerita berdasarkan judul cerita (2) kegiatan tahap saat baca diantaranya menyimak guru sebagai model membaca dengan intonasi tepat memprediksi kelanjutan cerita dan menulis prediksi dan (3) kegiatan tahap pasca baca diantaranya mengomentari adegan cerita memerankan tokoh cerita serta menemukan pesan cerita dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Hasil peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa ditunjukkan pada siklus I sebesar 61 5% dan pada siklus II sebesar 77 5%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini. yaitu melalui pelaksanaan tahap prabaca saat baca dan pasca baca dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas 5 SDN Kepanjenlor I Kota Blitar. Oleh karena itu guru disarankan melaksanakan tahap prabaca saat baca dan pasca baca agar keterampilan membaca siswa berkembang lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104811 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |