Upaya meningkatkan pembelajarn IPA melalui model discovery di kelas IV SDN Purwantoro 4 Kota Malang / Tuti Cahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan pembelajarn IPA melalui model discovery di kelas IV SDN Purwantoro 4 Kota Malang / Tuti Cahyani

Cahyani, Tuti (2013) Upaya meningkatkan pembelajarn IPA melalui model discovery di kelas IV SDN Purwantoro 4 Kota Malang / Tuti Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cahyani Tuti. 2013. Upaya Meningkatkan Pembelajaran IPA Melalui Model Discovery di Kelas IV SDN Purwantoro 4 Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd (II) Drs. Sutrisno S.Pd M.Pd. Kata Kunci pembelajaran IPA model discovery SD 12288 12288 12288 12288 Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran IPA yang dilakukan selama ini bersifat content based aktivitas siswa kurang/pasif siswa jarang mengajukan pertanyaan hasil tes individu masih belum memenuhi standar yang diharapkan. Tingkat ketidak berhasilan mencapai 58 % dari 34 siswa. 20 orang siswa masih memiliki nilai kurang dari 75 nilai tersebut berada kurang dari KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan model Discovery. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah tahap perencanaan (planning) tindakan (acting) mengobservasi (observing) proses refleksi (reflecting) dan memperbaiki perencanaan awal (revise planning) kemudian berputar sampai terjadi perbaikan atau peningkatan yang diharapkan sesuai dengan kriteria ketercapaian tujuan penelitian. Dalam hal ini peneliti dan siswa sebagai instrumen utama. Data penelitian berupa penerapan pembelajaran aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Dalam mengumpulkan data melalui observasi peneliti menggunakan instrumen pengamatan guru dan aktivitas siswa pengumpulan data hasil evaluasi dokumentasi dan catatan lapangan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian penerapan model Discovery dari pertemuan I hingga pertemuan IV meningkat dari 83 3% menjadi 95 8%. Maka model Discovery dapat diterapkan dengan baik pada pembelajaran IPA. Aktivitas siswa diperoleh rata-rata pada pertemuan I adalah 6 62 meningkat menjadi 7 38 pada pertemuan IV. Maka aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi lebih aktif dalam pembelajaran IPA siswa lebiha aktif dalam mengamati bekerja kelompok dan mengemukakan pendapat dalam diskusi. Sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra tindakan rata-rata kelas sebesar 68 38 menjadi 78 82 pada pertemuan ke IV. Maka hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari setiap pertemuan menjadi lebih baik dan mencapai KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. 12288 12288 12288 12288 Penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Purwantoro 4 dengan menggunakan model Discovery mampu meningkatkan aktivitas siswa pada saat pembelajaran dan hasil belajar siswa maka disarankan guru hendaknya mengikuti inovasi-inovasi pembelajaran yang menunjang peningkatan pendidikan salah satu cara dengan menggunakan model Discovery sekolah hendaknya menyediakan sumber-sumber belajar yang relevan dan sarana prasarana sekolah yang menunjang pembelajaran aktif dikelas dan bagi peneliti lain hendaknya lebih kritis dan tanggap terhadap berbagai permasalahan dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104810

Actions (login required)

View Item View Item