Pengaruh penggunaan LKS berbasis eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA SDN Kucur 02 Malang / Yunita Selvi Hadiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan LKS berbasis eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA SDN Kucur 02 Malang / Yunita Selvi Hadiana

Hadiana, Yunita Selvi (2013) Pengaruh penggunaan LKS berbasis eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA SDN Kucur 02 Malang / Yunita Selvi Hadiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci LKS Berbasis Eksperimen Hasil Belajar IPA LKS berbasis eksperimen adalah lembaran yang berupa petunjuk atau langkah langkah kerja untuk siswa melakukan percobaan. Dimana siswa diberikan kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri mengikuti proses mengamati suatu objek menganalisis membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang suatu objek baik secara kelompok maupun individu bisa dilakukan di dalam kelas atau pun di luar kelas. LKS ini berguna untuk memberikan pengalaman kongkret bagi siswa untuk melaksanakan eksperimen secara langsung terhadap suatu objek. Berdasarkan hasil observasi di sekolah yang diteliti LKS yang digunakan berupa buku yang berisi rangkuman materi dan soal latihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS berbasis eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pelajaran IPA materi perubahan wujud benda di SDN Kucur 02 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dengan desain eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Pada eksperimen semu terdapat desain pre-test dan post-test. Dalam desain pre-test dan post-test subjek yang akan diteliti dibagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVB sebagai kelas kontrol. Hasil uji perhitungan data post-test menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 79 81 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol 65 37. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan hasil belajar antara kelompok eksperimen yang menggunakan LKS berbasis eksperimen dan kelompok kontrol yang menggunakan LKS yang berisi rangkuman materi dan soal latihan. Pernyataan lain dapat dituliskan bahwa adanya pengaruh penggunaan LKS berbasis eksperimen terhadap hasil belajar siswa jika dibandingkan menggunakan LKS yang biasa digunakan. Berdasarkan penggunaan LKS berbasis eksperimen pada siswa kelas IV SDN Kucur 02 Malang maka dalam penelitian ini disampaikan beberapa saran diantaranya sebagai berikut. Guru hendaknya dapat memilih LKS untuk pembelajaran secara tepat bukan berisi rangkuman materi dan latihan soal melainkan LKS yang memungkinkan siswa dapat melakukan eksperimen secara langsung dan guru dapat berlatih menyusun LKS agar pembelajaran dapat efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104808

Actions (login required)

View Item View Item