Pelaksanaan pembelajaran tematik kelas I semester 2 (studi kasus di SD Anak Saleh Kota Malang) / Fika Santi Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran tematik kelas I semester 2 (studi kasus di SD Anak Saleh Kota Malang) / Fika Santi Pratiwi

Pratiwi, Fika Santi (2013) Pelaksanaan pembelajaran tematik kelas I semester 2 (studi kasus di SD Anak Saleh Kota Malang) / Fika Santi Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran tematik kelas I SD Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran tematik di kelas I semester 2 SD Anak Saleh (2) pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas I semester 2 SD Anak Saleh (3) penilaian pembelajaran tematik di kelas I semester 2 SD Anak Saleh (4) kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran tematik di kelas I semester 2 SD Anak Saleh dan (5) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala pembelajaran tematik di kelas I semester 2 SD Anak Saleh. Untuk mencapai tujuan di atas penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi wawancara dokumentasi untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik kelas I Semester 2 di SD Anak Saleh. Hasil penelitian diperoleh lima simpulan sebagai berikut (1) persiapan pembelajaran tematik kelas I semester 2 di SD Anak Saleh dibuat untuk mewakili kelas I. Model pembelajaran terpadu yang digunakan guru yaitu model jaring laba-laba (webbed model). Belum ada kesepakatan antar guru dalam format penyusunan RPP. RPP tematik disusun terpadu untuk empat kali pertemuan dalam seminggu (2) pelaksanaan pembelajaran tematik kelas I semester 2 di SD Anak Saleh bervariasi di tiap-tiap kelas. Walaupun RPP tematik hanya dibuat untuk hari senin- kamis tetapi guru juga mengajar secara terpadu pada hari jumat dan sabtu. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara team teaching. Mata pelajaran yang tidak dipadukan diajarkan secara tersendiri (3) penilaian pembelajaran tematik kelas I semester 2 di SD Anak Saleh berdasarkan mata pelajaran berupa tes kinerja portofolio produk dan penugasan (4) kendala pembelajaran tematik kelas I semester 2 di SD Anak Saleh meliputi belum ada kesepakatan guru tim tentang format pengembangan RPP pengumpulan RPP level oleh tim guru guru belum menguasai metode pembelajaran sesuai tuntutan tematik pengaturan lembaga sekolah yang menerapkan jadwal dan buku secara per-mata pelajaran dan pengembangan instrumen penilaian tematik dan (5) upaya mengatasi kendala yang dilakukan oleh guru meliputi (a) pembuatan perangkat pembelajaran kelas mengajar menggunakan indikator pada jaringan tema (b) pertemuan tim guru level maupun seluruh guru sekolah setiap seminggu sekali dan (c) pelatihan yang diadakan oleh sekolah gugus sekolah maupun diknas. Berdasarkan kesimpulan penelitian maka disarankan (1) tim koordinator sebaiknya tema dikembangkan menjadi beberapa subtema (2) bagi guru hendaknya juga membuat RPP kelas (3) Bagi Kepala Sekolah SD Anak Saleh. Pihak sekolah menentukan kebijakan tentang sumber belajar siswa berupa buku-buku pendamping tematik bukan per mata pelajaran karena pada dasarnya pembelajaran tematik dilaksanakan secara terpadu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104803

Actions (login required)

View Item View Item