Saputri, Dyan Ratna (2013) Persepsi guru terhadap pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di SD Negeri Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Dyan Ratna Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci persepsi guru supervisi akademik kepala sekolah SD Negeri Supervisi akademik merupakan upaya kepala sekolah untuk membantu guru meningkatkan profesionalismenya. Untuk menjadi guru yang profesional setiap guru tentunya dibekali dengan berbagai kompetensi namun hal tersebut bukanlah jaminan bahwa ketika dalam kegiatan belajar guru tidak mengalami kesulitan maupun permasalahan sehingga kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan harus memaksimalkan perannya untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi guru yaitu dengan melaksanakan supervisi akademik. Berdasarkan studi pendahuluan di UPTD Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar diperoleh informasi bahwa kepala sekolah di SD Negeri se-Kecamatan Kanigoro sudah melaksanakan supervisi akademik. Oleh karena itu peneliti bermaksud untuk mengkaji lebih dalam tentang pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di SD Negeri Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di SD Negeri Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar yang meliputi perencanaan program pelaksanaan dan evaluasi program supervisi akademik melalui persepsi guru. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri se-Kecamatan Kanigoro yang berjumlah 380 orang. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Proporsional Random Sampling sebesar 25% (95 orang) dari jumlah populasi. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner yang digunakan untuk memperoleh data pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah yang dipersepsi guru. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program supervisi akademik oleh kepala sekolah tergolong sangat baik dengan persentase mencapai 54% pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam kategori cukup dengan persentase mencapai 40% dan evaluasi progran supervisi akademik mencapai persentase tertinggi pada kategori sangat baik yaitu sebanyak 33%. Saran penelitian ini meliputi (1) kepala sekolah hendaknya menggunakan teknik supervisi akademik yang lebih bervariasi serta lebih meningkatkan kemampuannya dalam menjalankan tugas sebagai seorang supervisor di sekolah yang dipimpinnya (2) guru harus lebih aktif berinisiasi mengajukan diri untuk disupervisi oleh kepala sekolah dan (3) Dinas Pendidikan hendaknya menambah frekuensi pelatihan tentang pelaksanaan supervisi akademik kepada kepala sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104802 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |