Warti (2013) Penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Sawojajar 2 Kota Malang / Warti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pendekatan Kontekstual Aktivitas Siswa Hasil Belajar. Pembelajaran IPS selama ini terkesan hanya merupakan hafalan saja sehingga banyak siswa merasa tertekan ketika harus mengikuti pembelajaran IPS. Padahal sama halnya dengan mata pelajaran lain. Pelajaran IPS juga didasarkan atas permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga diperlukan sebuah model pembelajaran baru yang dapat mengubah paradigma tersebut. Sehingga pembelajaran IPS menjadi lebih bermakana. Dan pembelajaran kontekstual merupakan salah satu solusinya. Berdasarkan hasil observasi dan identifikasi masalah melalui pemberian soal pada siswa kelas IV yang dilakukan di SDN Sawojajar 2 Kota Malang pada tanggal 28 Januari 2013 masih banyak siswa yang salah dalam menjawab soal tentang materi sumber daya alam. Hal ini disebabkan karena materi tersebut dirasa cukup banyak dan terkesan banyak menghafal. Padahal sumber daya alam berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu pembelajaran yang lebih bermakna diperlukan untuk membangun pengetahuan siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Bentuk penelitian yakni PTK. Dilakukan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan meliputi 4 thap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sawojajar 2 Kota Malang. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi tes dan dokumentasi. Hasil pembelajaran menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I sebesar 65 70 dan Siklus II sebesar 75 63. Aktivitas siswa meningkat sebesar 9 93. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67 00 dan siklus II sebesar 78 00. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 11 00. Selain itu dengan pembelajaran kontekstual pengetahuan yang dimiliki dalam diri siswa yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan siswa dapat memahami materi secara lebih baik. Pembelajaran IPS tak lagi menjadi sebuah hafalan tetapi menjadi pengetahuan yang melekat dalam diri siswa sendiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |