Penerapan model sets untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Bandungrejosari 2 Malang / Hermin Suswati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model sets untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Bandungrejosari 2 Malang / Hermin Suswati

Suswati, Hermin (2013) Penerapan model sets untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Bandungrejosari 2 Malang / Hermin Suswati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model SETS aktivitas hasil belajar Pembelajaran akan lebih efektif apabila melibatkan siswa secara aktif dalam membangun pengetahuannya. Namun fakta yang ditemukan tidak demikian. Pembelajaran IPA yang dilaksanakan di SDN Bandungrejosari 2 Malang cenderung berpusat pada guru. Guru menjelaskan materi dengan menggunakan buku sebagai satu-satunya sumber belajar dan belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan pengamatan maupun percobaan. Apalagi setelah ditinjau dari hasil belajar siswa yang masih rendah yaitu 35% siswa yang tuntas belajar. Model Sains Environment Technology Society (SETS) adalah model pembelajaran IPA yang menitikberatkan pada penemuan masalah di lingkungan sekitar dan menemukan solusi pemecahannya yang diaplikasikan dalam bentuk teknologi sederhana. Pembelajaran dengan model SETS memberikan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Siswa memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar melalui kegiatan pengamatan dan percobaan dalam membangun pengetahuannya. Selain itu dapat menumbuhkan kesadaran siswa tentang adanya hubungan yang saling terkait antara sains lingkungan teknologi dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas atau meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas yang dilakukan secara bersiklus. Penelitian dilakukan dengan menerapkan model SETS dalam pembelajaran IPA dengan harapan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Bandungrejosari 2 Malang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh data bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan. Aktivitas belajar siswa pada siklus I tahap invitasi dan eksplorasi mencapai 60% tahap solusi 51% tahap aplikasi 90% dan tahap pemantapan konsep 74%. Pada siklus II nilai aktivitas belajar siswa pada tahap invitasi mencapai 67% tahap eksplorasi 91% tahap solusi 87% tahap aplikasi 98% dan tahap pemantapan konsep 76%. Selain itu siswa sudah berani bertanya dan menyampaikan pendapatnya. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar mencapai 62% dan pada siklus II mencapai 100%. Penerapan model SETS dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dalam menerapkan model SETS disarankan untuk memilih materi yang sesuai dan pandai mengalokasikan waktu. Teknologi sederhana yang dibuat juga memperhatikan kesesuaian materi dan kemampuan siswa. Dengan demikian penerapan model SETS akan memberikan hasil belajar yang optimal dari aspek kognitif afektif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104797

Actions (login required)

View Item View Item