Peningkatan kemampuan menulis cerita pengalaman dengan pendekatan contextual teaching and learning pada siswa kelas IV SDN Kotalama 2 Kota Malang / Fidiyah Maya Masitah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis cerita pengalaman dengan pendekatan contextual teaching and learning pada siswa kelas IV SDN Kotalama 2 Kota Malang / Fidiyah Maya Masitah

Masitah, Fidiyah Maya (2013) Peningkatan kemampuan menulis cerita pengalaman dengan pendekatan contextual teaching and learning pada siswa kelas IV SDN Kotalama 2 Kota Malang / Fidiyah Maya Masitah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendekatan CTL menulis cerita pengalaman prestasi belajar Dasar penelitian ini adalah observasi yang dilakukan penelitian di SDN Kotalama 2 Kota Malang. Dari hasil observasi diperoleh menunjukkan bahwa selama mengikuti pembelajaran di kelas IV SDN Kotalama 2 banyak sekali menemukan kendala yang menyebabkan rendahnya tingkat kemampuan menulis cerita pengalaman. Diantaranya adalah siswa kesulitan dalam mengarang cerita karena dalam menulis cerita guru hanya menyuruh siswa untuk mengarang dengan topik tertentu dan guru tidak memberikan bahan acuan dalam menulis cerita pengalaman. Oleh karena itu diperlukan usaha yang membuat pembelajaran menarik dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas IV SDN Kotalama 2 Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan CTL pada menulis cerita pengalaman (2) mendeskripsikan aktivitas siswa kelas IV dalam pembelajaran menulis cerita pengalaman dengan pendekatan CTL dan (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kotalama 2 dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui pendekatan CTL. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dengan tahapan (1) perencanaan tidakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi tindakan dan (4) refleksi. Sedangkan instrument yang digunakan adalah (1) lembar observasi guru (2) lembar observasi siswa (3) lembar formatif siswa. Analisa data berkaitan dengan menentuan nilai kemampuan proses belajar diadaptasi dari Depdiknas 2006. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus siklus II merupakan perbaikan dari siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan Menulis cerita pengalaman dengan menggunakan pendekatan CTL lebih baik dari pada sebelumnya. Hal itu dapat dilihat dengan peningkatan nilai rata-rata tes formatif pratindakan dan rata-rata setelah tindakan yaitu pratindakan dengan rata-rata 55 dengan persentase 19% tuntas dan 81% tidak tuntas mengalami kenaikan pada siklus I. Hasil penilaian aktivitas siswa pada siklus I adalah 13 anak mendapat nilai di bawah ketuntasan dengan persentase 30 94% dan aktivitas siswa meningkat pada siklus II yang hanya 7 anak mendapat nilai di bawah ketuntasan dengan persentase 16 7%. Dan hasil karangan siswa pada siklus I ada 24 anak yang mendapat nilai di bawah ketuntasan dengan persentase 57 2% dan meningkat pada siklus II menjadi 8 anak yang mendapat nilai di bawah ketuntasan dengan persentase 19 1%. Sedangkan hasil akhir pada siklus I ada 75% yang belum tuntas dengan jumlah siswa 27 dan meningkat pada siklus 2 menjadi 16 7% yang belum tuntas dengan jumlah 7 siswa. Disarankan pada guru untuk melakukan pembelajaran menulis cerita pengalaman melalui pendekatan CTL sebagai salah satu alternative dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis cerita pengalaman di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104796

Actions (login required)

View Item View Item