Kemampuan memahami bacaan pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Madyopuro 1 Kota Malang / Wahyuni Pradiananingtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan memahami bacaan pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Madyopuro 1 Kota Malang / Wahyuni Pradiananingtyas

Pradiananingtyas, Wahyuni (2013) Kemampuan memahami bacaan pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Madyopuro 1 Kota Malang / Wahyuni Pradiananingtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Memahami Bacaan Ilmu Pengetahuan Sosial Aspek membaca merupakan salah satu kunci menuju kemajuan siswa. Pada kenyataannya masih banyak siswa yang belum mengerti tentang apa yang dibacanya. Oleh karena itu kemampuan siswa dalam memahami bacaan masih kurang sehingga materi pelajaran IPS sulit dipahami. Berdasarkan fenomena tersebut kegiatan membaca harus diikuti dengan pemahaman tentang hal yang dibaca. Membaca pemahaman adalah membaca yang penekanannya diarahkan pada keterampilan memahami dan menguasai isi bacaan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran kemampuan memahami bacaan pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas V (2) mendeskripsikan kendala yang dihadapi siswa (3) mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Kehadiran peneliti sebagai pengamat penuh lokasi penelitian berada di Kelas VB SDN Madyopuro1 Kota Malang. Sumber data yang diteliti adalah kegiatan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memahami siswa dalam memahami bacaan sangat kurang dengan adanya nilai yang berada di bawah KKM yaitu 70. Hasil evaluasi siswa mendapat nilai rata-rata 67. Berdasarkan hasil pengamatan observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada siswa dan guru peneliti menemukan beberapa kendala yang dialami siswa dan guru dalam proses pembelajaran memahami bacaan khususnya pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan 1) Penerapan pembelajaran kemampuan memahami bacaan pada mata pelajaran IPS siswa kelas V (a) menyampaikan tujuan pembelajaran (b) menjelaskan tujuan pembelajaran (c) membimbing siswa untuk membaca intensif suatu bacaan (d) memberikan umpan balik kepada siswa ketika selesai membaca bacaan (e) mengevaluasi latihan yang ada hubungannya dengan bacaan (f) membimbing siswa untuk merangkum pelajaran. 2) kendala yang dialami siswa saat memahami bacaan adalah siswa kurang berkonsentrasi dalam membaca teks bacaan siswa kurang bersemangat dalam belajar karena media yang diberikan kurang bervariasi siswa tidak bisa mengingat isi bacaan karena tidak memahami isi teks bacaan siswa kurang teliti dalam membaca soal siswa kurang mampu menjawab soal yang diberikan karena siswa kurang memahami teks bacaan siswa merasa enggan bertanya kepada guru ketika merasa kesulitan dalam menjawab soal 3) Kendala yang dialami guru dalam pembelajaran adalah guru kurang memahami manfaat dari pendekatan dan kurang mengembangkan indikator yang harus dicapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104795

Actions (login required)

View Item View Item