Sholihah, Mar'atus (2013) Penggunaan media maket untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Kauman 2 Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang / Mar'atus Sholihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci media maket keterampilan berbicara pembelajaran Bahasa Indonesia Berbicara merupakan kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan menyatakan serta menyampaikan pikiran gagasan dan perasaan. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbicara merupakan aspek penting yang harus dapat dikuasai siswa. Namun pada kenyataannya pengembangan keterampilan berbicara di Sekolah Dasar belum maksimal. Salah satunya SDN Kauman 2 Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Berdasarkan hasil observasi awal siswa kelas IV mengalami kesulitan pada pelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara. Siswa tidak berani mengungkapkan pendapat dan berbicara di depan umum karena malu dan tidak terbiasa. Untuk mengatasi masalah ini diperlukan alat atau media yang dapat menarik perhatian dan kemauan siswa sehingga siswa mau berbicara di depan umum. Media pembelajaran yang dimaksud adalah media maket. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media maket pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan media maket. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan rancangan PTK. Dalam penelitian ini dilakukan melalui dua siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan dan observasi refleksi dan perbaikan perencanaan. Analisis deskriptif dilakukan terhadap hasil observasi keterampilan berbicara siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan instrumen penelitian yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi dan data yang diperlukan meliputi observasi wawancara angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media maket pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan keterampilan berbicara siswa dari yang tidak mau berbicara di depan kelas menjadi mau dan berani berbicara di depan kelas menggunakan media maket dari yang berbicaranya terbata-bata dan suaranya lirih menjadi lancar dan dengan suara yang nyaring serta dari siswa yang berbicara dengan kaku menjadi percaya diri dan berani menatap ke arah pendengar. Peningkatan keterampilan berbicara siswa juga dapat dilihat dari persentase ketuntasan keterampilan berbicara siswa dari tahap pratindakan hingga siklus II. Pada tahap pratindakan tidak ada siswa yang mendapat nilai diatas 75 dalam keterampilan berbicara. Sehingga persentase ketuntasannya 0%. Pada siklus I siswa yang sudah mencapai nilai diatas 75 ada 35% atau terdapat 7 orang siswa dari 20 siswa. Pada siklus II berdasarkan hasil analisis data ada 80% atau terdapat 16 orang siswa dari 20 siswa yang sudah mencapai nilai keterampilan berbicara di atas 75. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media maket dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu siswa menjadi lebih aktif percaya diri dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada guru sekolah dasar yaitu diharapkan menambah inovasi dalam penggunaan media pada pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih baik. Sedangkan untuk peneliti lain diharapkan mampu melanjutkan penelitian ini tetapi dengan inovasi yang berbeda serta mampu menjawab kekurangan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104794 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |