Peningkatan pembelajaran IPA melalui model Guided Inquiry pada siswa kelas V di SDN Candirenggo 04 Singosari Kabupatyen Malang / Tutut Ocky Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pembelajaran IPA melalui model Guided Inquiry pada siswa kelas V di SDN Candirenggo 04 Singosari Kabupatyen Malang / Tutut Ocky Wulandari

Wulandari, Tutut Ocky (2013) Peningkatan pembelajaran IPA melalui model Guided Inquiry pada siswa kelas V di SDN Candirenggo 04 Singosari Kabupatyen Malang / Tutut Ocky Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran IPA model Guided Inquiry SD Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang menunjukkan bahwa pada pembelajaran IPA siswa masih pasif. Siswa belum dilatih untuk aktif bertanya jawab berdiskusi melakukan percobaan dan merumuskan kesimpulan. Hal ini mengakibatkan lebih dari separuh jumlah siswa di kelas V hasil belajarnya kurang memenuhi KKM yang ditetapkan yaitu 75. Berdasarkan hal tersebut model Guided Inquiry sangat tepat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran. Guided Inquiry merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam menemukan konsep melalui penyelidikan yang dilakukan dengan bimbingan guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah penerapan model Guided Inquiry dalam upaya meningkatkan pembelajaran IPA Materi Sifat- Sifat Cahaya di kelas V (2) Bagaimanakah aktivitas siswa di kelas V pada saat pembelajaran dengan menggunakan model Guided Inquiry (3) Bagaimanakah hasil belajar siswa di kelas V setelah pembelajaran dengan menggunakan model Guided Inquiry . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK dengan bentuk kolaboratif partisipatoris yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi catatan lapangan tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi penerapan model Guided Inquiry lembar observasi aktivitas siswa soal tes dan lembar catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Guided Inquiry dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Candirenggo 04 Malang. Hal ini terlihat dari hasil pengamatan aktivitas guru mengajar sudah melakukan sesuai tahapan-tahapan yang ditentukan. Hasil aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 56 1 dan pada siklus II mendapatkan skor rata- rata 79 43. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 77 87 dengan siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa (64%) dan siklus II mencapai 85 dengan siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa (96%). Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa penerapan model Guided Inquiry dapat meningkatkan pembelajaran IPA. Untuk itu disarankan agar guru dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan menerapkan model Guided Inquiry sebagai alternatif pembelajaran dengan menyesuaikan materi yang akan diajarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104791

Actions (login required)

View Item View Item