Pengembangan media pembelajaran IPS dengan menggunakan powerpoint untuk kelas IV SDN Ngaglik 1 Batu materi menghargai keragaman suku bangsa dan budaya / Dwi Aris Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran IPS dengan menggunakan powerpoint untuk kelas IV SDN Ngaglik 1 Batu materi menghargai keragaman suku bangsa dan budaya / Dwi Aris Setiawan

Setiawan, Dwi Aris (2013) Pengembangan media pembelajaran IPS dengan menggunakan powerpoint untuk kelas IV SDN Ngaglik 1 Batu materi menghargai keragaman suku bangsa dan budaya / Dwi Aris Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media pembelajaran powerpoint mata pelajaran IPS kelas IV SD. Laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) pada era globalisasi ini tidak dapat dibendung lagi. Berbagai macam bidang kehidupan telah diisi dengan penggunaan dan pemanfaatan teknologi tak terkecuali bidang pendidikan. Berdasarkan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah mengamanatkan bahwa guru dalam prinsip-prinsip penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran guru diharuskan mampu menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Namun dalam kenyataannya tidak semua guru telah melaksanakan amanat untuk menerapkan TIK selama pembelajaran. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Dasar (SD) dengan cakupan materi yang cukup luas sehingga memerlukan media pembelajaran yang cukup ringkas untuk memuat sebuah materi pembelajaran. Berkaitan dengan hal itu maka diperlukan adanya media pembelajaran yang berbasis teknologi yang dapat memperlancar pengiriman pesan oleh guru kepada siswa serta mengkonkretkan hal-hal yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran IPS dengan menggunakan powerpoint untuk kelas IV SDN Ngaglik semester 1 materi menghargai keragaman suku bangsa dan budaya yang layak menurut ahli pengguna dan hasil uji coba. Media pembelajaran merupakan alat komunikasi yang digunakan dalam proses penyampaian pesan berupa materi ajar dari guru kepada siswa. Media dapat mengurangi penyampaian pesan yang bersifat verbalistis dan bersifat abstrak bagi siswa yang sedang dalam tahap berpikir operasional konkret. Penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall. Penelitian ini terdiri dari enam langkah yaitu (1) Research and information collecting (2) develop preliminary form of product (3) main product revision (4) main field testing (5) final product revision (6) disemination and implementation. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh berdasarkan kritik dan saran perbaikan dari validator sedangkan data kuantitatif diperoleh berdasarkan hasil pengisian angket berupa skor objektif penilaian produk. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket terbuka dan tertutup. Berdasarkan hasil analisis data dari ahli media diperoleh nilai kelayakan dari ahli media sebesar 257 dari nilai maksimal sebesar 288 sehingga diperoleh persentase 89 24% dari calon pengguna (guru) diperoleh nilai kelayakan sebesar 112 dari nilai maksimal sebesar 114 sehingga diperoleh persentase 98% dan hasil uji coba kelompok skala terbatas (11 siswa) diperoleh nilai sebesar 1000 9 dari nilai maksimal sebesar 1100 sehingga diperoleh persentase 90 99%. Hal ini menunjukkan produk media pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan powerpoint yang dikembangkan tergolong dalam kualifikasi sangat valid dan dapat diimplementasikan. Hasil pengembangan produk media pembelajaran IPS dengan menggunakan powerpoint dapat disarankan untuk dipelajari dan dimanfaatkan oleh semua pihak yang membutuhkan media pembelajaran. Dengan demikian peneliti dapat memperoleh masukan berupa saran balik untuk mengembangkan media pembelajaran yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104789

Actions (login required)

View Item View Item