Pendekatan discovery untuk meningkatkan kemampuan menemukan rumus luas bangun datar segiempat siswa kelas V SDN Jenggolo 02 Kepanjen Kabupaten Malang / Pipit Kesuma Sugiarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendekatan discovery untuk meningkatkan kemampuan menemukan rumus luas bangun datar segiempat siswa kelas V SDN Jenggolo 02 Kepanjen Kabupaten Malang / Pipit Kesuma Sugiarti

Sugiarti, Pipit Kesuma (2013) Pendekatan discovery untuk meningkatkan kemampuan menemukan rumus luas bangun datar segiempat siswa kelas V SDN Jenggolo 02 Kepanjen Kabupaten Malang / Pipit Kesuma Sugiarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Rumus Luas Bangun Datar Segiempat Pendekatan Discovery. Berdasarkan hasil observasi wawancara serta pemberian tes penjajakan siswa kelas V di SDN Jenggolo 02 Kepanjen masih banyak yang mengalami kesalahan dalam menuliskan prosedur atau rumus luas bangun datar segiempat. Pada saat mereka diberi tes siswa cenderung merasa kesulitan karena tidak hafal dengan rumus luas bangun datar. Oleh karena itu diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat membimbing siswa untuk bisa menemukan suatu rumus luas bangun datar secara mandiri melalui pendekatan pembelajaran Discovery (Penemuan Terbimbing). Pendekatan Discovery merupakan kegiatan belajar yang menekankan pada proses dan peran aktif siswa dalam melakukan pengamatan mengolah bahan ajar menggolongkan membuat dugaan menjelaskan dan akhirnya dapat menemukan suatu rumus dengan bantuan arahan yang dirancang oleh guru agar seolah-olah siswa menemukan sendiri pengetahuannya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal antara lain peningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan rumus luas bangun datar segiempat peningkatkan aktivitas belajar siswa serta peningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan Discovery. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN Jenggolo 02 Kepanjen yang banyaknya 33 siswa dengan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan model kolaboratif. Data yang diambil dalam penelitian ini antara lain data aktivitas guru dalam pembelajaran data aktivitas belajar siswa dan data hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Discovery. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara tes dan dokumentasi. Simpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu penerapan pendekatan Discovery pada pembelajaran matematika untuk materi Luas Bangun Datar Segiempat di kelas V SDN Jenggolo 02 Kepanjen telah berhasil dilaksanakan. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan keterlaksanaan penerapan pendekatan pembelajaran Discovery pada siklus I dan siklus II. Guru sudah melakukan pembelajaran yang sesuai dengan langkah-langkah pendekatan Discovery yaitu yang dimulai dengan pemberian Stimulus kepada siswa kemudian dilanjutkan dengan tahap Problem Statement Data Collection Data Processing Verifikasi dan tahap terakhir Generalisasi. Peningkatan aktivitas guru dalam memberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Discovery ini juga berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104788

Actions (login required)

View Item View Item