Peningkatan kualitas pembelajaran perkalian bersusun melalui pendekatan konstruktivistik di kelas III SDN Tosaren 2 Kediri / Nur Fitriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kualitas pembelajaran perkalian bersusun melalui pendekatan konstruktivistik di kelas III SDN Tosaren 2 Kediri / Nur Fitriyah

Fitriyah, Nur (2013) Peningkatan kualitas pembelajaran perkalian bersusun melalui pendekatan konstruktivistik di kelas III SDN Tosaren 2 Kediri / Nur Fitriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kualitas pembelajaran perkalian bersusun pendekatan konstruktivistik Berdasarkan hasil observasi wawancara dan tes penjajakan yang peneliti lakukan dikelas III SDN Tosaren 2 Kediri saat pembelajaran matematika sebagian besar siswa masih belum memahami prosedur atau langkah-langkah pengerjaan perkalian bersusun. Hal tersebut dikarenakan Pada saat pembelajaran guru hanya menerapkan metode ceramah dan metode drill. Selain itu dalam menyampaikan materi perkalian guru hanya menerpakan teknik perkalian bersusun cara pendek. Dalam proses pembelajaran pun siswa hanya mengenal cara individu dalam menguasai materi. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan upaya perbaikan pembelajaran agar lebih berkualitas dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivistik untuk materi perkalian bersusun. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konstruktivistik (2) Mendekripsikan peningkatan kualitas pembelajaran perkalian bersusun dengan menggunakan pendekatan konstruktivistik. Kualitas pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu adanya perubahan tindakan pembelajaran yang dilakukan guru menjadi semakin baik dan adanya peningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa setelah menggunakan pendekatan konstruktivistik. Adapun Pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik yang dilakukan peneliti dengan tahapan sebagai berikut tahap 1 pengaktifan pengetahuan prasyarat tahap 2 pemerolehan pengetahuan baru tahap 3 pengumpulan ide tahap 4 pemantapan ide tahap 5 refleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi tes wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran setelah menggunakan pendekatan konstruktivistik terjadi peningkatan aktivitas siswa dari siklus I sebesar 76 5% menjadi 93 05% pada siklus II. Selain itu terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang nampak pada nilai tes dari siklus 1 75 3% menjadi 96 15% pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran perkalian bersusun di kelas III SDN Tosaren 2 Kediri. Selain itu pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konstruktivistik dapat dikatakan berhasil karena hal ini sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian. Berdasarkan kekurangan atau kelemahan pada penelitian ini maka dapat diberikan saran sebagai berikut (1) Sebaiknya guru memberikan stimulasi dan memberikan motivasi serta penguatan pada siswa sehingga siswa dapat aktif dalam mengikuti pembelajaran. (2) Guru diharapkan dapat menyediakan dan memberikan kesempatan sebanyak mungkin pada siswa untuk belajar secara aktif. Sehingga siswa mampu dalam mengkonstruksi pengetahuannya secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104786

Actions (login required)

View Item View Item