Penggunaan media two counter coin untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung bilnagan bulat pada siswa kelas IV / Khoirina Nur Hikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media two counter coin untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung bilnagan bulat pada siswa kelas IV / Khoirina Nur Hikmah

Hikmah, Khoirina Nur (2013) Penggunaan media two counter coin untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung bilnagan bulat pada siswa kelas IV / Khoirina Nur Hikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Two Counter Coin Bilangan Bulat SD Pada pembelajaran matematika di kelas IV B SDN Tegalweru yang dilakukan oleh guru hanya mengacu pada ceramah tanya jawab dan penugasan yang sesuai pada LKS sehingga kemampuan siswa dalam pembelajaran kurang bisa berperan aktif. Melalui tes penjajagan ada 17 siswa atau 68% siswa yang mendapat nilai di bawah KKM yaitu 75. Untuk mengatasi hal tersebut diterapkan pembelajaran menggunakan media two counter coin. Media two counter coin merupakan media pembelajaran berupa koin penghitung yang masing-masing sisi koin memiliki warna yang berbeda warna biru untuk koin positif dan warna merah muda untuk koin negatif. Tujuan dalam penelitian ini antara lain mendeskripsikan penggunaan media media two counter coin dalam pembelajaran matematika mendeskripsikan aktivitas pembelajaran pada mata pelajaran matematika menggunakan media two counter coin mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media two counter coin. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalweru Kecamatan Dau Kabupaten Malang dan dilaksanakan pada tanggal 26 Maret sampai dengan 4 April 2013 dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media two counter coin dapat meningkatkan pembelajaran matematika siswa kelas IV B SDN Tegalweru Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Hal ini terlihat dari hasil penerapan guru mengajar pada siklus I memperoleh nilai keterlaksanaan 86 81 dan pada siklus II memperoleh 94 54. Hasil aktivitas siswa pada siklus I mencapai 66 94 dan siklus II mencapai 83 66. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 74 46 dengan siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa (56%) dan siklus II mencapai 83 56 dengan siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa (84%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media two counter coin dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Disarankan kapada guru kelas IV B agar menggunakan media two counter coin pada pembelajaran matematika materi operasi hitung bilangan bulat karena dengan menggunakan media two counter coin dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung siswa. Hal ini terlihat dari hasil aktivitas siswa dan dari hasil evaluasi yang dikerjakan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104780

Actions (login required)

View Item View Item