Sakinah, Niswah Afinatus (2013) Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui penerapan model pembelajaran make a match pada siswa kelas IVA SDN Penanggungan Kota Malang / Niswah Afinatus Sakinah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci make a match pembelajaran karangan deskripsi Berdasarkan observasi diketahui bahwa pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN Penanggungan Kota Malang masih berpusat pada guru. Berdasarkan pengamatan hal ini berdampak pada 84% siswa memperoleh hasil belajar kurang dari KKM yang ditentukan yaitu 65. Untuk itu diperlukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang inofatif dan menyenangkan yakni model pembelajaran make a match. Model pembelajaran make a match adalah model pembelajaran berupa permainan mencari pasangan kartu soal/jawaban/topik/tema sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Siswa yang mendapatkan pasangan dengan waktu yang cepat akan mendapatkan poin agar pembelajaran menjadi lebih menarik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran make a match dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran make a match. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen pengumpulan data tentang penerapan model make a match dan aktivitas siswa menggunakan lembar observasi penerapan model make a match dan lembar observasi aktivitas siswa. Untuk mengumpulkan data tentang hasil karangan siswa menggunakan pedoman penilaian karangan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model make a match dapat meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis karangan deskripsi siswa kelas IVA SDN Penanggungan Kota Malang. Hasil keterampilan menulis siswa dari siklus I ke siklus II meningkat karena pembelajaran make a match telah dilaksanakan secara sistematis dan urut sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran make a match. Hal tersebut terbukti dari rata-rata hasil karangan deskripsi siswa pada pra tindakan 45 siklus I 70 siklus II meningkat menjadi 86. Ketuntasan belajar belajar pada pra tindakan 16% siklus I 65 6% dan pada siklus II meningkat menjadi 94%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model make a match dapat meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia kelas IVA SDN Penanggungan Kota Malang pada materi menulis karangan deskripsi. Saran yang bisa diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah ketika permainan berlangsung membutuhkan ruang gerak yang luas jadi disarankan agar guru memperhatikan penataan ruangan atau jika jumlah siswa terlapau banyak siswa dapat diajak melakukan permainan tersebut di halaman sekolah (out door).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104779 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |