Widoti, Hardini Novia (2013) Penerapan pemecahan masalah dengan menggunakan teori polya untuk meningkatkan emampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas IV SDN Asmorobangun 2 Kabupaten Kediri / Hardini Novia Widoti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pemecahan masalah Polya kemampuan memecahkan masalah Berdasarkan observasi awal yang penulis lakukan di SDN Asmorobangun 2 Kabupaten Kediri pada tanggal 23 Januari 2013 diketahui bahwa kemampuan siswa kelas IV masih kurang khususnya kalau diberikan soal yang termasuk kategori soal pemecahan masalah. Siswa yang tuntas belajar hanya 28%. Hal itu disebabkan karena siswa masih merasa asing dengan soal-soal pemecahan masalah. Siswa juga kurang dapat mengerti bahasa soal dengan kata lain siswa kurang memahami masalah. Pembelajaran dengan pemecahan masalah Polya yang terdiri dari empat tahap memudahkan siswa untuk menyelesaikan suatu masalah (soal) yang diberikan dengan lebih baik. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dikaji mengenai penerapan pemecahan masalah Polya dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pemecahan masalah dengan teori Polya untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan memecahkan masalah siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Asmorobangun 2 Kabupaten Kediri pada bulan Maret-April 2013 dengan rancangan penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Kegiatan yang dilakukan pada tiap siklus meliputi perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Asmorobangun 2 Kabupaten Kediri tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 25 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa berupa tes di akhir siklus yang berupa soal pemecahan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung campuran. Pembelajaran dengan menerapkan pemecahan masalah Polya ini terdiri dari empat langkah (1) langkah memahami masalah siswa membaca permasalahan mengenai operasi hitung campuran siswa menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan (2) langkah merencanakan penyelesaian siswa memilih strategi yang tepat dalam menyelesaikan masalah (3) langkah menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana siswa menyelesaikan masalah sesuai dengan strategi yang telah ditentukan pada langkah merencanakan penyelesaian (4) langkah pengecekan kembali terhadap semua langkah yang telah dikerjakan siswa memeriksa kebenaran cara dan hasil perhitungan langkah demi langkah dan siswa membuat kesimpulan. Rata-rata nilai siswa pada siklus I adalah 65 78 dengan ketuntasan belajar 52% setelah siklus II menjadi 76 76 dengan ketuntasan belajar 84%. Pembelajaran dengan penerapan pemecahan masalah Polya memberikan hasil yang positif untuk meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa sehingga dapat dijadikan alternatif pembelajaran di sekolah dengan materi dan soal pemecahan masalah yang lebih bervariasi dan perencanaan waktu yang efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |