Peningkatan ketepatan membaca pemahaman melalui strategi Direct Reading Thingking Activities (DRTA) pada siswa kelas V SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang / Siti Munfarida - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan ketepatan membaca pemahaman melalui strategi Direct Reading Thingking Activities (DRTA) pada siswa kelas V SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang / Siti Munfarida

Munfarida, Siti (2013) Peningkatan ketepatan membaca pemahaman melalui strategi Direct Reading Thingking Activities (DRTA) pada siswa kelas V SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang / Siti Munfarida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci ketepatan membaca membaca pemahaman DRTA Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui usaha perbaikan pembelajaran dengan menggunakan strategi DRTA pada pokok bahasan membaca pemahaman untuk menyimpulkan isi cerita dalam beberapa kalimat. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas V SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang dalam pembelajaran membaca pemahaman guru belum menerapkan metode maupun strategi pembelajaran yang tepat. Akibatnya sebagian besar siswa merasa bosan dan jenuh dalam mengikuti pembelajaran karena metode yang digunakan kurang menarik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Peneliti dan guru kelas V SDN Tanjungrejo 2 berkolaborasi dalam kegiatan pembelajaran serta dalam kegiatan observasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang. Data yang didapat dari kegiatan observasi wawacara dokumentasi dan tes. Dalam pelaksanaannya kegiatan membaca pemahaman untuk menyimpulkan isi cerita dapat dilakukan melalui tiga tahapan. Ketiga tahapan itu adalah (1) tahap prabaca (2) tahap saatbaca dan (3) tahap pascabaca. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut (1) nilai rata-rata aktivitas siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang pada tahap pratindakan sebesar 58 siklus I sebesar 69 34 dan siklus II sebesar 80 21 (2) pada penilaian hasil dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang persentase ketuntasan belajar siswa pada tahap pratindakan sebesar 34 05 % siklus I sebesar 44 68% dan siklus II sebesar 89 36%. Pelaksanaan kegiatan menyimpulkan isi cerita didasarkan pada kesimpulan isi cerita siswa yang terbagi menjadi 3 tahapan yaitu tahap prabaca (prediksi) tahap saat baca (membaca cerita anak) dan tahap prabaca (menyimpulkan isi cerita) Dengan menggunakan media jurnal pribadi kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi dapat meningkat. Mengingat pentingnya peningkatan kemampuan membaca pemahaman maka disarankan bagi guru siswa pihak sekolah dan peneliti lain untuk saling bekerja sama dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia demi tercapainya suatu tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104775

Actions (login required)

View Item View Item