Peningkatan kemampuan siswa dalam menulis narasi melalui model pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN Bareng 4 Kota Malang / Reny Triana Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan siswa dalam menulis narasi melalui model pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN Bareng 4 Kota Malang / Reny Triana Sari

Sari, Reny Triana (2013) Peningkatan kemampuan siswa dalam menulis narasi melalui model pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN Bareng 4 Kota Malang / Reny Triana Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci bahasa Indonesia menulis narasi Mind Mapping. Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN Bareng 4 Kota Malang diketahui bahwa pembelajaran menulis belum menggunakan media dan model pembelajaran sehingga hasil belajar siswa dalam menulis narasi masih dibawah rata-rata. Oleh sebab itu diperlukan model pembelajaran yang tepat agar kemampuan siswa dalam bidang menulis menjadi lebih baik. Mind Mapping merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk a) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis narasi di kelas IV SDN Bareng 4 Kota Malang b) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis narasi melalui model pembelajaran Mind Mapping di Kelas IV SDN Bareng 4 Kota Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deksriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif untuk mengetahui aktivitas guru pada saat pembelajaran dan hasil belajar siswa menulis narasi. Prosedur penelitian dilakukan mulai tahapan refleksi awal siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Masing-masing pertemuan mempunyai tahapan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis narasi melalui model pembelajaran Mind Mapping di kelas IV SDN Bareng 4 Kota Malang mengalami peningkatan. Hal tersebut terbukti pada kegiatan refleksi awal diketahui 5 siswa tuntas. Pada pertemuan 2 siklus I diketahui 12 siswa tuntas dengan jumlah total nilai 1550 pada pertemuan 1 siklus II terdapat 13 siswa tuntas dengan jumlah total nilai 1717 5 dan pada pertemuan 2 siklus II terdapat 23 siswa tuntas dengan jumlah nilai 2193 5. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis narasi. Saran bagi guru agar lebih dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis narasi menggunakan model Mind Mapping ialah a) sebelum memulai pelajaran hendaknya guru mempersiapkan media Mind Mapping dengan baik b) hendaknya dibentuk posisi tempat duduk siswa yang nyaman dan mejangkau guru agar suasana kelas saat pembelajaran dapat terkontrol dan c) hendaknya guru memberikan contoh dan bimbingan pengembangan cabang bagi siswa yang telah mampu membuat lebih dari 4 cabang Mind Mapping.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104774

Actions (login required)

View Item View Item