Masrurroh, Irma Novi (2013) Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia materi gerakan bumi dan gerakan bulan kelas VI SDN Karangbesuki 1 Malang / Irma Novi Masrurroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Media pembelajaran Multimedia Gerakan Bumi dan Bulan Media pembelajaran berbasis multimedia perlu digunakan untuk mempermudah penyampaian materi kepada siswa. Materi gerakan bumi dan bulan membahas hal-hal abstrak yang sulit dijangkau oleh indra siswa. Banyak istilah asing yang terdapat pada materi ini contohnya rotasi dan revolusi. Hasil observasi diperoleh fakta bahwa SDN Karangbesuki 1 Malang telah memiliki perangkat komputer yang memadai. Komputer tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal dikarenakan belum adanya sajian materi yang siap ditampilkan melalui komputer. Menurut keterangan yang didapat guru dan siswa sebenarnya sudah mampu untuk mengoperasikan komputer dengan baik. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu menghasilkan produk media pembelajaran IPA berbasis multimedia yang valid dari aspek materi tampilan serta pengguna (guru dan siswa). Pengembangan produk media pembelajaran IPA berbasis multimedia ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Tahap-tahap penelitian pengembangan yang digunakan sampai tahap kelima yaitu sebagai berikut. (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan bentuk awal produk (4) uji coba (5) revisi produk. Data penelitian berupa hasil validasi produk yang diperoleh dari ahli materi ahli media serta uji coba kepada guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh dengan menghitung persentase kesesuaian antara skor yang diperoleh dari validator dengan skor maksimal yang telah ditetapkan. Sedangkan data kualitatif diperoleh dengan melakukan telaah terhadap komentar validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesesuaian pada aspek materi sebesar 98 68% aspek tampilan media 90 83% aspek pengguna (guru) sebesar 92 71% aspek pengguna (siswa) 92 67%. Hal tersebut menunjukkan bahwa produk media yang dihasilkan dapat dikualifikasikan valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Revisi produk dilakukan berdasarkan komentar dari ahli materi ahli media serta pengguna (guru dan siswa) Disarankan bagi kepala sekolah hendaknya memaksimalkan pemanfaatan komputer sebagai perangkat pendukung media pembelajaran siswa. Bagi guru hendaknya melakukan variasi dengan memberikan jeda dan menyelingi dengan kegiatan penugasan saat penayangan materi menggunakan media ini. Bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan uji coba produk hasil pengembangan ini pada kancah yang lebih luas serta melakukan pengembangan media pembelajaran sejenis untuk materi IPA yang lainnya misalnya materi susunan tata surya serta kenampakan matahari pada pagi siang dan sore hari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104771 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |