Penerapan model Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sendang I Kecamatan Senori Kabupaten Tuban / Diah Novitasari Jauhari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sendang I Kecamatan Senori Kabupaten Tuban / Diah Novitasari Jauhari

Jauhari, Diah Novitasari (2013) Penerapan model Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sendang I Kecamatan Senori Kabupaten Tuban / Diah Novitasari Jauhari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model STM aktivitas belajar hasil belajar. Hasil observasi pra tindakan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mengidentifikasi masalah masih kurang. Selain itu siswa kurang diberi kesempatan dalam menentukan penyelesaian masalah dan mengaplikasikan prinsip sains yang dipelajarinya. Masalah tersebut terjadi akibat guru masih kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk berlatih untuk menemukan masalah serta merumuskan pemecahannya. Selama pembelajaran siswa dituntut untuk membaca materi mendengarkan penjelasan guru dan mengerjakan soal-soal latihan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan 1) penerapan model STM yang dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Sendang I 2) peningkatan Aktivitas Belajar siswa kelas V melalui penerapan model STM 3) peningkatan Hasil Belajar siswa kelas V dengan penerapan model STM. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan dan pengamatan refleksi serta perbaikan perencanaan. Analisis data dilaksanakan secara kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sendang I yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar yaitu siswa sudah bisa mengidentifikasi masalah yang ada di lingkungannya dan menentukan solusi permasalahan serta mengaplikasikan solusi. Selain itu hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus pertama persentase siswa yang mencapai KKM adalah sebesar 48%. Sedangkan pada siklus dua persentase siswa yang mencapai KKM adalah sebesar 86% sehingga sudah mencapai kriteria ketuntasan klasikal yang diharapkan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model STM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan pada guru untuk menerapkan model STM pada pembelajaran IPA khususnya pada materi yang berbasis lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104770

Actions (login required)

View Item View Item