Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui model SAVI pada siswa kelas IV SDN Petungsari 03 Kacamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Dewi Maulidiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui model SAVI pada siswa kelas IV SDN Petungsari 03 Kacamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Dewi Maulidiyah

Maulidiyah, Dewi (2013) Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui model SAVI pada siswa kelas IV SDN Petungsari 03 Kacamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Dewi Maulidiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci keterampilan menulis karangan deskripsi model pembelajaran SAVI siswa kelas IV SD Menulis merupakan peyampaikan gagasan melalui bahasa tulis. Pembelajaran Bahasa Indonesia dilakukan pada semua sekolah dasar salah satunya SDN Petungasri 03 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Berdasarkan hasil observasi awal siswa kelas IV mengalami kesulitan pada pelajaran Bahasa indonesia khususnya keterampilan menulis. Siswa sulit dalam memulai menulis suatu karangan karena pembelajaran yang diterapkan kurang menarik dan tidak bervariasi. Untuk mengatasi masalah ini diperlukan inovasi model pembelajaran yang melibatkan gerakan fisik dan semua indera siswa dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang dimaksud adalah SAVI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran SAVI pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dengan menerapkan model pembelajaran SAVI. Penelitian ini adalah menggunakan rancangan PTK. Dalam penelitian ini dilakukan secara bersiklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Analisis deskriptif dilakukan terhadap hasil belajar siswa yang berupa keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan instrumen penelitian yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi dan data yang diperlukan meliputi observasi tes angket siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI pada pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase ketuntasan KKM keterampilan menulis siswa baik pada siklus I maupun siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa pada pelajaran bahasa Indonesia. Selain itu siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada guru sekolah dasar yaitu diharapkan mampu menerapkan model pembelajaran SAVI pada pelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih baik. Sedangkan untuk peneliti lain diharapkan mampu melanjutkan penelitian ini tetapi dengan inovasi yang berbeda serta mampu menjawab kekurangan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104769

Actions (login required)

View Item View Item