Analisis kesalahan penggunaan kalimat efektif pada karangan narasi ekspositoris siswa kelas IV di SDN Ketawanggede Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Rista Ratnasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan penggunaan kalimat efektif pada karangan narasi ekspositoris siswa kelas IV di SDN Ketawanggede Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Rista Ratnasari

Ratnasari, Rista (2013) Analisis kesalahan penggunaan kalimat efektif pada karangan narasi ekspositoris siswa kelas IV di SDN Ketawanggede Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Rista Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran bahasa indonesia kalimat efektif karangan narasi ekspositoris. Pembelajaran bahasa adalah salah satu cara siswa untuk mengembangkan kemampuan berbahasa baik dalam bahasa lisan maupun bahasa tulis. Salah satu cara untuk mengembangkan bahasa tulis adalah melalui pembelajaran mengarang. Menulis tidak hanya mengungkapkan ide pesan dan gagasan kepada pembaca tetapi kalimat-kalimat yang digunakan harus dapat diterima dengan baik oleh pembaca seperti yang dimaksudkan penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas IV SDN Ketawanggede dalam menggunakan kalimat efektif pada karangannya berdasarkan cirri kalimat efektif yang meliputi cirri keparalelan atau kesejajaran ketepatan kecermatan kehematan kesepadanan kepaduan dan kelogisan agar isi atau maksud suatu kalimat dapat diterima dengan baik oleh pembaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis isi untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menggunakan kalimat efektif pada karangannya. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah karangan siswa kelas IV SDN Ketawanggede yang berjumlah 79 karangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan pada cirri kesejajaran dengan indikator kesamaan derajat pola atau susunan kata yang dipakai dalam kalimat terdapat 18 kesalahan. Pada cirri ketepatan dengan indikator ketepatan pemilihan kata frasa dan idiom terdapat 93 kesalahan. Pada indikator kesalahan dalam penggunaan tanda baca terdapat 183 kesalahan. Pada cirri kecermatan dengan indikator kalimat menimbulkan makna ganda terdapat 5 kesalahan pada indikator ketepatan dalam penggunaan kata hubung 68 kesalahan. Kesalahan pada cirri kehematan pada indikator menghilangkan pengulangan subjek terdapat 41 kesalahan. Pada indikator menghilangkan pemakaian superordinat pada hiponim kata terdapat 77 kesalahan. Pada indikator menghindarkan kesinoniman dalam suatu kalimat terdapat 36 kesalahan. Kesalahan pada indikator menjamakkan kata-kata yang berbentuk jamak terdapat 10 kesalahan. Pada cirri kesepadanan dengan indikator memiliki unsure subjek dan predikat yang jelas terdapat 5 kesalahan. Pada indikator terdapat subjek ganda terdapat 4 kesalahan. Pada indikator kata penghubung intra kalimat tidak dipakai pada kalimat tunggal terdapat 122 kesalahan. Pada indikator predikat kalimat tidak diikuti kata yang terdapat 8 kesalahan. Pada cirri kepaduan pada indikator struktur kalimat tidak benar atau rancu terdapat 48 kesalahan. Pada indikator kalimat tidak memiliki subjek terdapat 41 kesalahan. Kesalahan pada cirri kelogisan pada indikator ide kalimat dapat diterima oleh pola pikir terdapat 35 kesalahan. Pada indikator penulisan sesuai dengan ejaan yang berlaku terdapat 209 kesalahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104768

Actions (login required)

View Item View Item