Wulandari, Elvida Retno (2013) Analisis pembelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas 1 ditinjau dari perspektif gender di SDN Sumbermanjing 01 Kabupaten Malang / Elvida Retno Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Perspektif Gender. Acuan pengembangan kurikulum menyebutkan bahwa kurikulum harus di- arahkan pada terciptanya pendidikan yang berkeadilan dan memperhatikan kesetaraan gender. Peneliti menemukan masalah pada buku teks yang masih banyak ketidaksetaraan gender. Buku teks yang masih banyak terdapat ketidaksetaraan gender tersebut adalah buku teks PKn kelas rendah. Bentuk ketidaksetaraan tersebut terdapat pada materi ilustrasi gambar serta soal evaluasi. Karena buku teks sangat erat kaitanya dengan pelaksanaan pembelajaran maka fokus penelitian peneliti adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran serta buku teks di SD ditinjau dari prespektif gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta jenis penelitian studi kasus pada pembelajaran PKn kelas 1 di SDN Sumbermanjing 01 Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan prosedur pengumpulan data observasi pelaksanaan pembelajaran di kelas wawancara terhadap kepala sekolah guru serta beberapa siswa dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu komponen RPP metode dan media termasuk dalam kategori tinggi tingkat kesetaraan gendernya. Komponen pengelolaan kelas tingkat kesetaraannya seimbang sedangkan komponen evaluasi pembelajaran termasuk kategori rendah . Pada Buku teks PKn kelas 1 karangan Tijan yang dianalisis pada aspek materi ilustrasi gambar serta soal evaluasi diperoleh Hasil sebagai berikut materi tingkat kesetaraannya tergolong kriteria sangat rendah ilustrasi gambar termasuk dalam kriteria agak cukup artinya antara setara gender dan ketidaksetaraan gender seimbang. Sedangkan pada soal evaluasi masih tergolong kriteria rendah . Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pada proses pembelajaran yang dilakukan guru sudah cukup baik tingkat kesetaraannya sedangkan pada buku teks yang digunakan oleh guru masih banyak ketidaksetaraan gendernya. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu sebaiknya guru menambah pengatahuan tentang konsep gender agar mampu menanamkan konsep gender pada siswa selama proses pembelajaran serta mampu memilih buku teks penunjang pembelajaran yang tingkat kesetaraan gendernya tinggi. Sekolah guru dan siswa hendaknya juga bekerja sama dalam menerapkan kesetaraan gender dalam proses pembelajaran maupun pemilihan buku teks sebagai penunjang pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104767 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |