Pengaruh penerapan model make a match terhadap hasil belajar membaca aksara Jawa siswa kelas IV SDN Sekarpuro Kabupaten Malang / Windy Kusuma Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model make a match terhadap hasil belajar membaca aksara Jawa siswa kelas IV SDN Sekarpuro Kabupaten Malang / Windy Kusuma Wardani

Wardani, Windy Kusuma (2013) Pengaruh penerapan model make a match terhadap hasil belajar membaca aksara Jawa siswa kelas IV SDN Sekarpuro Kabupaten Malang / Windy Kusuma Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci membaca aksara jawa model make a match kelas IV SD Bahasa Jawa merupakan salah satu mata pelajaran muatan lokal yang diajarkan di sekolah formal tingkat sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah. Dalam pembelajaran bahasa Jawa ketrampilan membaca dapat dikategorikan menjadi 2 macam. Pertama ketrampilan membaca bacaan berbahasa Jawa dengan huruf alphabet (latin). Kedua adalah ketrampilan membaca kalimat berbahasa Jawa dengan aksara Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar membaca aksara Jawa siswa tanpa menerapkan model make a match (2) mengetahui hasil belajar membaca aksara Jawa siswa dengan menerapkan model make a match dan (3) mengetahui pengaruh penerapan model make a match terhadap hasil belajar membaca aksara Jawa siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasy eksperimental). Desain penelitian eksperimental semu ini adalah Nonequivalent Control Group Design . Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN Sekarpuro Kabupaten Malang. Subjek penelitian terdiri dari 24 siswa kelas IVB sebagai kelas kontrol dan 24 siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen. Sebelum penelitian instrument tes diuji cobakan terlebih dahulu. Kemudian untuk menganlisa data diuji prasyarat dengan menggunakan uji homogenitas dan normalitas. Jika data sudah homogen dan berdistribusi normal maka dilakukan uji hipotesis dengan uji gain score dan uji-t. Hasil penelitian diperoleh nilai indeks gain pada kelas eksperimen sebesar 0 36 jika diintepretasikan ke dalam kriteria tergolong sedang. Sedangkan pada kelas kontrol nilai indeks gain sebesar 0 17 dan tergolong dalam kriteria rendah. Pada uji-t diperoleh hasil yaitu nilai Sig. (0 038) 0 05 dan t hitung (2 142) ttabel (2 012). Berdasarkan hipotesis dalam penelitian ini jika Sig. (2-tailed) kurang dari 0 05 maka H0 ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari uraian hasil analisa data di atas dapat disimpulkan bahwa temuan peneliti yaitu penerapan model make a match berpengaruh terhadap hasil belajar membaca aksara Jawa siswa kelas IV SDN Sekarpuro kabupaten Malang. Saran yang diberikan hendaknya dalam pembelajaran guru menggunakan model-model pembelajaran yang bervariasi tetapi tetap disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104766

Actions (login required)

View Item View Item