Profil pelaksanaan pendidikan karakter di SDK Santo Yusuf Kota Madiun / Adi Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil pelaksanaan pendidikan karakter di SDK Santo Yusuf Kota Madiun / Adi Nugroho

Nugroho, Adi (2013) Profil pelaksanaan pendidikan karakter di SDK Santo Yusuf Kota Madiun / Adi Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendidikan karakter profil SDK Santo Yusuf. Pendidikan karakter merupakan bagian dari tujuan pendidikan nasional yang tertera dalam UU Sisdiknas tahun 2003. Alasan yang mendasari diadakannya pendidikan karakter adalah supaya peserta didik tidak hanya unggul dari segi kecerdasan tetapi juga karakter. Karena apabila kecerdasan yang dimiliki tidak diikuti dengan karakter yang baik akan melahirkan perilaku negatif pada peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SDK Santo Yusuf karena selain sekolah bercirikan agama dan telah melaksanakan pendidikan karakter SDK Santo Yusuf merupakan salah satu sekolah dasar unggulan di Madiun. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter (2) Faktor-faktor penunjang (3) Faktor-faktor penghambat dan (4) Karakter yang tampak pada peserta didik dalam pelaksanaan pendidikan karakter. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan analisis dokumen. Kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini meliputi (1) Pelaksanaan pendidikan karakter dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran yang menggunakan pendekatan kontekstual pengembangan budaya sekolah yang meliputi kegiatan rutin terprogram spontan pengkondisian dan keteladanan. Kegiatan ekstrakurikuler yang terdiri dari ekstrakurikuler olahraga kesenian pramuka english club dan sempoa. Pemantauan perkembangan peserta didik di rumah yang dilakukan dengan menyediakan waktu khusus untuk pertemuan orang tua dengan pihak sekolah (2) Faktor-faktor yang menunjang yaitu sarana dan prasarana yang memadai pelaksanaan yang berkelanjutan kesadaran dan peran serta dari guru (3) Faktor-faktor yang menghambat yaitu kurangnya sikap dan kesadaran orang tua dan sikap peserta didik ketika pertama kali masuk sekolah (4) Dari beberapa karakter yang tampak pada peserta didik salah satu yang paling tampak adalah religius. Berdasarkan temuan penelitian pelaksanaan pendidikan karakter telah dilaksanakan secara optimal. Saran yang dapat diberikan adalah dengan mengkondisikan lorong-lorong kelas yang kurang begitu tampak dengan kata-kata bijak atau mutiara dan ayat-ayat Alkitab yang dapat dibuat poster dan ditempelkan di luar kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104760

Actions (login required)

View Item View Item