Improving the eight graders' vocabulary mastery through extensive reading using graded readers / Meyga Kusuma Putri Pradana

Pradana, Meyga Kusuma Putri (2019) Improving the eight graders' vocabulary mastery through extensive reading using graded readers / Meyga Kusuma Putri Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Pradana, Meyga Kusuma Putri. 2018. Meningkatkan Penguasaan Kosakata Kelas Delapan Melalui Membaca Ekstensif Menggunakan Buku Graded Readers.Skripsi, Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Siusana Kweldju, M.Pd., (II) Dr. Sri Rachmajanti, Dip, TESL., M.Pd. Kata Kunci: Kosakata, Membaca Ekstensif, Graded Readers Keterampilan kosakata telah diabaikan dalam pengajaran bahasa Inggris di Indonesia. Bahkan, untuk berkomunikasi dengan baik dalam bahasa asing, pembelajar harus mendapatkan kata-kata yang cukup dan harus tahu bagaimana menggunakannya secara akurat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas delapan SMP Negeri 2 Sambong dengan menggunakan buku graded readers. Peneliti menggunakan desain kolaborasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) (Latief, 2015). Peneliti berkolaborasi dengan guru bahasa inggris untuk melakukan tindakan. Ada 4 langkah di metode ini yaitu perencanaan, penerapan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah 27 siswa kelas delapan SMP 2 Sambong pada semester genap tahun akademik 2017/2018. Peneliti menggunakan 4 jenis instrumen, yaitu catatan lapangan, angket, lembar observasi, dan tes kosakata. Penelitian ini dianggap berhasil jika 75% siswa lulus nilai kelulusan minimal yaitu 74. Temuan penelitian menunjukkan peningkatan siswa dalam penguasaan kosakata mereka. Itu terbukti dengan hampir 90% banyaknya siswa yang bisa lulus kriteria sukses. Tanggapan para siswa melalui strategi yang digunakan peneliti dalam pelaksanaan bacaan luas itu baik. Mereka sangat menyukai strategi dan buku karena keduanya membantu siswa untuk menguasai kosakata karena kata-kata secara konsisten ditunjukkan dalam buku. Peningkatan kosakata siswa ditunjukkan melalui meningkatnya jumlah siswa yang lulus kriteria ketuntasan minimum, sebelum pelaksanaan ada 3 siswa atau 11,4% yang bisa lulus lulus. Jumlah siswa meningkat setelah pelaksanaan strategi, ada 24 siswa atau 88% lulus kriteria keberhasilan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi membaca yang ekstensif dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas delapan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10476

Actions (login required)

View Item View Item