Penerapan model pembelajaran course review horay untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS soswa kelas IV SDN Pisangcandi 4 Kota Malang / Putri Ariesta Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran course review horay untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS soswa kelas IV SDN Pisangcandi 4 Kota Malang / Putri Ariesta Anggraeni

Anggraeni, Putri Ariesta (2013) Penerapan model pembelajaran course review horay untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS soswa kelas IV SDN Pisangcandi 4 Kota Malang / Putri Ariesta Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Course Review Horay IPS SD Berdasarkan observasi pada pembelajaran IPS kelas IV SDN Pisangcandi 4 Kota Malang diperoleh fakta bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru cenderung monoton karena hanya menggunakan metode konvensional (ceramah). Aktivitas siswa pasif dan hanya mendengarkan penjelasan guru. Guru juga tidak menggunakan media yang menunjang dalam pembelajaran. Banyak siswa yang merasa mengantuk dan bosan pada pembelajaran IPS yang dilakukan guru. Dari nilai UAS masih banyak siswa yang belum tuntas atau mendapat nilai dibawah KKM. Begitu pula dengan nilai ulangan sebanyak 19 siswa dari 30 siswa mendapat nilai dibawah KKM sebesar 70. Untuk itu agar dapat meningkatkan proses keaktifan dan hasil belajar siswa perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Model pembelajaran CRH merupakan model yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkompetisi secara positif dan membantu siswa mengingat kembali konsep yang sudah dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan proses pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menerapkan model CRH kelas IV di SDN Pisangcandi 4 Kota malang (2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan model CRH di SDN Pisangcandi 4 Kota malang (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan model CRH di SDN Pisangcandi 4 Kota malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Menggunakan model siklus Kemmis Taggart dengan tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai guru atau pengajar dan wali kelas IV bertindak sebagai observer. Hasil penelitian menunujukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran CRH pada pembelajaran IPS kelas IV SDN Pisangcandi 4 Kota Malang dengan Kompetensi Dasar 2.2 Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat telah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah model CRH. Keaktifan siswa pada pembelajaran dengan model CRH meningkat pada siklus I sebesar 71 23 menjadi 88 06. Rata-rata hasil belajar siswa juga meningkat pada siklus II sebesar 72 91 menjadi 80 28. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan demikian hendaknya guru dapat menerapkan model ini dalam pembelajaran untuk memperbaiki hasil belajar siswa khususnya IPS dan juga mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104759

Actions (login required)

View Item View Item