Penerapan model pembelajaran Predict, Observe, and Explain (POE) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA kelas V SDN Pisangcandi 4 Malang / Winda Ayu Ningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Predict, Observe, and Explain (POE) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA kelas V SDN Pisangcandi 4 Malang / Winda Ayu Ningtyas

Ningtyas, Winda Ayu (2013) Penerapan model pembelajaran Predict, Observe, and Explain (POE) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA kelas V SDN Pisangcandi 4 Malang / Winda Ayu Ningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran IPA Model POE Model POE merupakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa melalui tahap predict observe dan explain. Hasil observasi menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membuat prediksi melakukan percobaan dan menjelaskan hasil percobaan masih belum dikembangkan. Hal ini akibat dari pembelajaran yang belum memberikan kesempatan pada siswa untuk memprediksi belum memotivasi untuk mengumpulkan data percobaan yang sesuai dan belum membimbing untuk menjelaskan data hasil percobaan. Dampak dari pembelajaran tersebut siswa yang tuntas hasil belajarnya hanya mencapai 40% atau sebanyak 10 siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) penerapan model POE pada pembelajaran IPA (2) aktivitas siswa saat diterapkan model POE dan (3) hasil belajar siswa melalui penerapan model POE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pisangcandi 4 yakni 11 perempuan dan 14 laki-laki. Rancangan penelitian ini adalah PTK bentuk kolaboratif partisipatoris dengan tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi di setiap pertemuannya. Hasil dari penelitian tersebut dapat dilihat dari penilaian aktivitas belajar siswa. Rata-rata nilai aktivitas belajar siswa di siklus I mencapai 66 12 meningkat menjadi 76 24 di siklus II. Hasil belajar siswa setelah penerapan model POE juga mengalami peningkatan. Jumlah siswa yang tuntas hasil belajarnya di siklus I dengan KKM 70 mencapai 68% meningkat menjadi 80% di siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan pembelajaran aktivitas dan hasil belajar siswa setelah penerapan model POE. Penerapan model POE terbukti dapat mengaktifkan siswa dalam membuat prediksi mengumpulkan data yang sesuai dengan kegiatan percobaan dan menjelaskan hasil percobaan yang dilakukan. Peningkatan aktivitas saat penerapan model POE berkaitan juga dengan peningkatan keterampilan proses memprediksi mengobservasi dan menjelaskan pada diri siswa. Hal tersebut akhirnya juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang terkait dengan penelitian ini adalah dibutuhkannya pertanyaan-pertanyaan pengarah yang nantinya dapat membantu siswa dalam membuat prediksi pada tahap predict. Perlu disiapkan juga pertanyaan-pertanyaan penggali dan beberapa buku sumber untuk membimbing siswa dalam tahap explain. Pada tahap predict sebaiknya siswa diberikan kesempatan untuk membuat prediksinya masing-masing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104753

Actions (login required)

View Item View Item