Penerapan research training model untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas VA SDN Ketawanggede Kota Malang / Indah Kusuma Budiarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan research training model untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas VA SDN Ketawanggede Kota Malang / Indah Kusuma Budiarti

Budiarti, Indah Kusuma (2013) Penerapan research training model untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas VA SDN Ketawanggede Kota Malang / Indah Kusuma Budiarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran IPA research training model Berdasarkan observasi awal di SDN Ketawanggede Kota Malang diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas VA masih relatif rendah yakni 72 72% memiliki nilai dibawah KKM. Guru hanya menggunakan satu model pembelajaran saja dalam mengajarkan IPA. Selain itu adanya kesulitan siswa dalam menganalisa masalah dalam penelitian. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsiksn beberapa hal yang mencakup penerapan Research Training Modelpada pembelajaran IPA aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan Research Training Model dan hasil belajar IPA setelah menerapkan Research Training Modeldi kelas VA SDN Ketawanggede Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Rata-rata penerapan Research Training Modelsiklus I mencapai 73 33% sedangkan siklus II mencapai 90%. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesr 44 48 sedangkan siklus II sebesar 53 41. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 76 88sedangkan siklus II sebesar 74 63. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Research Training Modeldapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas VA SDN Ketawanggede Kota Malang. Adapun saran untuk perbaikan pembelajaran ini yaitu guru diharapkan membiasakan siswa belajar IPA dengan cara mengajak siswa menjadi peneliti sehingga siswa menjadi terbiasa menyelesaikan masalah dalam penelitian dengan mudah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104751

Actions (login required)

View Item View Item