Implementasi pendidikan karakter dalam program inovatif one day discovery (Studi kasus di SD Ma'arif Jogosari Pandaan) / Zakky Imawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendidikan karakter dalam program inovatif one day discovery (Studi kasus di SD Ma'arif Jogosari Pandaan) / Zakky Imawan

Imawan, Zakky (2013) Implementasi pendidikan karakter dalam program inovatif one day discovery (Studi kasus di SD Ma'arif Jogosari Pandaan) / Zakky Imawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Implementasi Pendidikan Karakter One Day Discovery SD. Pendidikan karakter saat ini sangat dibutuhakan karena degradasi moral yang terus menerus terjadi pada generasi bangsa dan nyaris membawa bangsa ini pada kehancuran karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini. Usia dini merupakan masa kritis bagi pembentukan karakter seseorang di Program One Day Discovery mengajarkan pembentukan karakter melalui kegiatan yang dialami siswa secara langsung yang melibatkan aspek afektif kognitif dan psikomotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengali dan mendeskripsikan mengenai implementasi pendidikan karakter melalui program One Day Discovery di SD Ma arif Jogosari Pandaan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan jenis penelitian ini yaitu studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini berupa situasi alamiah wajar (tanpa rekayasa) proses pengumpulan data dilakukan dengan cara yaitu (1) Wawancara (2) Obeservasi (3) sumber data berupa dokumen milik sekolah foto dan hasil dokumentasi lain yang menunjang penelitian. Proses analisis yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini SD Ma arif Jogosari Pandaan dalam perencanaan sudah menyisipkan ke 18 nilai karakter dalam pelaksanaannya sudah sesuai dengan harapan perencanaan namun nilai karakter belum sepenuhnya nampak. Dalam pelaksanaanya kegiatan One Day Discovery juga mempunyai faktor pendukung ialah dari fasilitas dan pendidik yang berkompeten dibidangnya. Penghambat dari kegiatan ini ialah dari sifat dasar anak yaitu suka tak acuh ketika mengikuti pembelajaran dan siswa kadang lupa ketika membawa barang dan masih malu-malu. Namun SD Maarif jogosari Pandaan berupaya penuh dalam pembentukan karakter siswa-siswinya. Pembahasan penelitian ini adalah pelaksanaan pembentukan karakter di SD Ma arif Jogosari Pandaan sudah terlaksana dengan baik terlihat dari perencananya pelaksaannya dan kegiatan evaluasi. Dalam pelaksanaan kegiatanya menunjukkan banyak karakter yang telah ditanamkan. Faktor-faktor pendukung dan penghambat sebagai kunci untuk ningkatkan lagi kegiatan One Day Discovery. Kesimpulan penelitian dalam pelaksanaan pembentukan karakter sudah berjalan dengan baik yang didalamnya meliputi perecanaan pelaksanaan dan evaluasi pembetukan karakter di program One Day Discovery sudah terencana dan tersusun dengan baik saran dari penelitian ini adalah Sebagai titik tolak dalam perkembangan penelitian mengenai pendidikan karakter yang akan dilakukan selajutnya dengan mempertimbangkan penanaman karakter melalui program One Day Discovery.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104748

Actions (login required)

View Item View Item