Pengaruh aktifitas berorganisasi terhadap indeks prestasi belajar mahasiswa jurusan KSDP FIP Universitas Negeri Malang / Moch. Nur Rofiq - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh aktifitas berorganisasi terhadap indeks prestasi belajar mahasiswa jurusan KSDP FIP Universitas Negeri Malang / Moch. Nur Rofiq

Rofiq, Moch. Nur (2013) Pengaruh aktifitas berorganisasi terhadap indeks prestasi belajar mahasiswa jurusan KSDP FIP Universitas Negeri Malang / Moch. Nur Rofiq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci aktifitas berorganisasi indeks prestasi belajar mahasiswa jurusan KSDP Universitas Negeri Malang. Pendidikan adalah salah satu kunci untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara. Di dalam kehidupan perguruan tinggi seorang mahasiswa dituntut untuk hidup mandiri baik dalam hal akademiknya (intrakurikuler) dan non akademiknya (ekstrakurikuler). Idealnya seorang mahasiswa harus mampu menyeimbangkan antara kegiatan akademik dan kegiatan non akademik tersebut sehingga seorang mahasiswa diharapkan unggul dalam prestasi belajar dan kemampuannya (hardskill dan softskill). Kemampuan tersebut terakomodasi salah satunya melalui aktifitas-aktifitas berorganisasi di lingkungan perguruan tinggi. Dalam penelitian ini masalah yang dikaji adalah tentang aktifitas berorganisasi dan indeks prestasi belajar mahasiswa jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang yang aktif dalam organisasi kemahasiswaan serta pengaruh antara aktifitas berorganisasi terhadap indeks prestasi belajar mahasiswa jurusan KSDP FIP Universitas Negeri Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan aktifitas berorganisasi mahasiswa jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (2) mendeskripsikan indeks prestasi belajar mahasiswa jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang yang aktif dalam organisasi kemahasiswaan dan (3) menjelaskan pengaruh aktifitas berorganisasi terhadap indeks prestasi belajar mahasiswa jurusan KSDP FIP Universitas Negeri Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif assosiatif kausal. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang yang ikut dalam organisasi kemahasiswaan lingkup fakultas periode 2012 angkatan tahun 2009 2010 dan 2011 yang berjumlah 153 mahasiswa karena populasi dari penelitian ini lebih dari 100 orang sehingga digunakan metode sampel yaitu teknik proporsional stratified random sampling. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik angket dan teknik dokumentasi. Sedangkan analisis yang diterapkan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif uji normalitas analisis korelasional uji linearitas analisis regresi linear sederhana dan pengujian hipotesis (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara aktifitas berorganisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan KSDP FIP Universitas Negeri Malang. Hal ini ditandai dari tingkat keeratan hubungan antar variabel sebesar 0 540 (kuat) dan tingkat pengaruh atau koefisien determinasinya sebesar 29 2 %. Sedangkan pada pengujian hipotesis dilihat dari taraf signifikansi diketahui bahwa nilai probabilitasnya sebesar 0 000 yang berarti lebih kecil dari alpha (0 05) dan pada pengujian hipotesis 2 sisi diketahui thitung 4 975 dan ttabel 2 000 sehingga thitung ttabel. Oleh karena itu berdasarkan dari 2 pengujian hipotesis tersebut sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi kesimpulannya ada pengaruh yang signifikan dan positif dari aktifitas berorganisasi terhadap indeks prestasi belajar mahasiswa jurusan KSDP FIP Universitas Negeri Malang yang berarti semakin tinggi (aktif) akitifitas berorganisasi mahasiswa tersebut maka akan semakin tinggi (baik) pula indeks prestasi belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang dapat diberikan oleh peneliti antara lain yaitu diharapakan mahasiswa jurusan KSDP FIP Universitas Negeri Malang (pada khususnya) agar lebih aktif dan menyeimbangkan dalam kegiatan perkuliahan (akademik) dan kegiatan organisasi kemahasiswaan (non akademik) agar dapat berjalan secara seimbang dan tidak saling merugikan sehingga tujuan untuk menjadi mahasiswa seutuhnya dapat tercapai. Selain itu diharapkan hasil penelitian ini berguna untuk dijadikan bahan kajian dalam mengembangkan tema penelitian yang serupa bagi peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104747

Actions (login required)

View Item View Item