Penerapan model Group Investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SDN Gadingkulon 01 Malang / Achmad Rifai - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Group Investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SDN Gadingkulon 01 Malang / Achmad Rifai

Rifai, Achmad (2013) Penerapan model Group Investigation untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SDN Gadingkulon 01 Malang / Achmad Rifai. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Group Investigation aktivitas hasil belajar IPA Model Group Investigation merupakan model pembelajaran yang menekan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk menemukan sendiri konsep/materi dalam bentuk kelompok. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan sebelum melaksanakan penelitian diperoleh informasi bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan siswa belum terlatih menemukan sendiri konsep-konsep baru. Akibatnya hasil belajar siswa menjadi rendah hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi rata-ratanya hanya 63 sedangkan kriteria ketuntasan minimal yang harus dicapai yaitu 65. Untuk mengatasi hal itu maka peneliti menerapkan model Group Investigation untuk meningkatkan pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penerapan model Group Investigation pada pembelajaran IPA di kelas V (2) Peningkatan aktivitas siswa selama penerapan model Group Investigation (3) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Group Investigation. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data penerapan model Group Investigation dan aktivitas siswa dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi serta tes untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Data penelitian ini dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penerapan model Group Investigation telah dilaksanakan guru sesuai dengan tahap-tahap model Group Investigation (2) Peningkatan aktivitas siswa selama berlangsungnya pembelajaran IPA hal ini dapat dilihat rata-rata perolehan persentase keberhasilan aktivitas siswa pada siklus I yaitu 69% meningkat pada siklus II yaitu 85% (3) Peningkatan hasil belajar siswa siklus I rata-rata persentase ketuntasan belajar yaitu 87% meningkat rata-ratanya pada siklus II menjadi 94%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan pembelajaran IPA yang ditandai dengan peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu disarankan agar guru menerapkan model Group Investigation utamanya pada materi tentang sifat-sifat cahaya dan sebaiknya dilaksanakan pada siswa kelas tinggi karena penguasaan kelasnya akan lebih mudah. Selain itu pembelajaran dengan model ini juga membutuhkan waktu yang cukup banyak dan lama sehingga perencanaan pembelajaran perlu adanya pembagian waktu yang efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104744

Actions (login required)

View Item View Item