Penggunaan media jurnal untuk peningkatan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Tanjyngrejo 2 Malang / Rakyan Paranimmita Sappurisa Kamanitra - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media jurnal untuk peningkatan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Tanjyngrejo 2 Malang / Rakyan Paranimmita Sappurisa Kamanitra

Kamanitra, Rakyan Paranimmita Sappurisa (2013) Penggunaan media jurnal untuk peningkatan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Tanjyngrejo 2 Malang / Rakyan Paranimmita Sappurisa Kamanitra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci jurnal pribadi peningkatan kemampuan menulis karangan narasi SD Pembelajaran menulis merupakan hal yang paling kompleks dipelajari siswa dan paling sulit diajarkan oleh guru karena untuk dapat menulis seseorang dituntut memiliki pengalaman kemampuan kesempatan dan keterampilan khusus yakni menyusun gagasan secara logis mengekspresikan secara jelas dan menata secara menarik. Proses pembelajaran di SDN Tanjungrejo 2 masih bersifat tradisional yaitu dengan menggunakan ceramah dan penugasan. Pada pembelajaran menulis karangan guru hanya memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengarang. Pada saat kegiatan tersebut berlangsung guru mengerjakan pekerjaan lain yaitu mengoreksi ulangan/tugas siswa. Melihat kenyataan yang terjadi di lapangan dan berdasarkan hasil penelitian terdahulu maka peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan jurnal pribadi dan (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi jurnal pribadi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan model siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. Peneliti menjadi partisipan penuh dan guru kelas IV SDN Tanjungrejo 2 bertindak sebagai observer. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang. Data yang didapat dari kegiatan observasi wawacara dokumentasi dan tes. Dalam pelaksanaannya kegiatan menulis jurnal dapat dilakukan melalui tiga tahapan. Ketiga tahapan itu adalah (1) tahap pendahuluan (2) tahap pelaksanaan dan (3) tahap penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media jurnal pribadi dapat meningkatkan (1) aktivitas guru dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami kenaikan (2) kemampuan menulis karangan narasi pada siklus II meningkat hingga mencapai 90% dari siswa kelas IV memperoleh nilai di atas KKM. Pelaksanaan kegiatan menulis jurnal pribadi didasarkan pada pengalaman pribadi siswa yang terbagi menjadi 3 tahapan yaitu tahap pendahuluan tahap pelaksanaan dan tahap penilaian. Dengan menggunakan media jurnal pribadi kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi dapat meningkat. Mengingat pentingnya peningkatan kemampuan menulis karangan maka disarankan bagi guru siswa dan pihak sekolah untuk saling bekerja sama dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia demi tercapainya suatu tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104740

Actions (login required)

View Item View Item