Profil kesalahan dalam menyelesaikan soal prosedural pengurangan pecahan pada siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 5 Malang / Eka Fitratul Apriliyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil kesalahan dalam menyelesaikan soal prosedural pengurangan pecahan pada siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 5 Malang / Eka Fitratul Apriliyati

Apriliyati, Eka Fitratul (2013) Profil kesalahan dalam menyelesaikan soal prosedural pengurangan pecahan pada siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 5 Malang / Eka Fitratul Apriliyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci profil kesalahan pengurangan pecahan Hasil dari penelitian awal diketahui bahwa kesulitan belajar siswa cenderung karena sikap malas belajar siswa dan kurang berminat pada mata pelajaran matematika sebab siswa terlanjur berpikir bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit. Salah satu materi yang ternyata kurang dipahami siswa yaitu tentang pengurangan pecahan. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pengurangan pecahan dan mengetahui penyebabnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kesalahan siswa kelas IV SD dalam menyelesaikan soal pengurangan pecahan dan mengetahui apakah penyebab adanya kesulitan siswa kelas IV SD dalam menyelesaikan soal pengurangan pecahan yang bertempat di SDN Tanjungrejo 5 Malang. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif yang bersifat memaparkan data hasil penelitian. Pengumpulan data dan analisis data bersifat induktif berdasarkan yang ada di lapangan untuk kemudian didapatkan data yang mengandung makna. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal pengurangan pecahan yaitu (1) kesalahan menyamakan penyebut dari dua pecahan yang berpenyebut berbeda (2) kesalahan menentukan pembilang yang baru dari dua pecahan berpenyebut berbeda (3) kesalahan mengurangkan pembilang (4) kesalahan mengurangkan penyebut (5) kesalahan mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa (6) kesalahan menentukan hasil perkalian dua bilangan (7) kesalahan karena kurang teliti dalam menulis kembali soal pada cara pengerjaan. Faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pengurangan pecahan antara lain (1) siswa belum paham konsep pengurangan pecahan (2) siswa bingung menentukan penyebut dan pembilang baru dari dua pecahan berpenyebut berbeda (3) siswa kurang dalam kemampuan perkalian bilangan (4) siswa kurang dalam kemampuan pengurangan bilangan (5) siswa kesulitan mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa (6) siswa kurang teliti dan kurang konsentrasi dalam mengerjakan soal. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan (1) guru mampu memberikan motivasi kepada siswa agar lebih bersemangat belajar (2) guru membiasakan siswa belajar dengan menggunakan benda-benda di sekitarnya sehingga tidak menimbulkan kebosanan belajar matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104739

Actions (login required)

View Item View Item