Wijayanti, Lidya Tri (2013) Pemberian kesempatan representasi bebas siswa untuk meningkatkan kemampuan representasi soal cerita siswa kelas V SDN Kendalpayak / Lidya Tri Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci representasi bebas representasi soal cerita SD Matematika mengajarkan siswa untuk memiliki kemampuan logis analitis sistematis kreatif dan kritis. Soal cerita merupakan salah satu bagian dari matematika yang sering ditakuti sebagian besar siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Kendalpayak Pakisaji diketahui bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita belum sempurna. Sebagian besar siswa masih gagal dalam menyelesaikan soal cerita. Pemberian kesempatan representasi bebas siswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pemberian kesempatan representasi bebas siswa (2) kemampuan representasi soal cerita melalui pemberian kesempatan representasi bebas (3) peningkatan hasil belajar matematika. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan model siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kendalpayak Pakisaji. Data yang didapat dari kegiatan observasi wawacara dan dokumentasi dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan model alir. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa pada sikus I kemampuan representasi matematika siswa masih kurang siswa kurang berani menggunakan representasi mereka sendiri dalam menyelesaikan soal cerita. Persentase kemampuan representasi siswa pada siklus I yaitu 69%. Pada siklus II kemampuan representasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita sudah mengalami peningkatan yaitu mencapai 82%. Mengingat pentingnya pemberian kesempatan representasi bebas siswa disarankan bagi guru hendaknya memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan representasi mereka sendiri dan mengurangi kebiasaan memberikan pengetahuan jadi kepada siswa. Melalui penelitian ini disarankan peneliti lain yang ingin melakukan penelitian tentang pemberian kesempatan representasi bebas tidak hanya terbatas pada materi perbandingan dan skala namun bisa dikembangkan untuk materi lain dan di jenjang kelas yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |